Jubir TERBAIK Nilai Ungkapan Ganti Bupati Bukan Keinginan Masyarakat

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 09 November 2020
0 dilihat
Jubir TERBAIK Nilai Ungkapan Ganti Bupati Bukan Keinginan Masyarakat
Jubir Paslon TERBAIK, La Ode Muamar Kadhafi. Foto: Ist.

" Ganti bupati dan ganti rasa itu hanya yel-yel tim sebelah. Sementara, tim TERBAIK juga punya yel-yel lanjutkan yang merupakan keinginan semua kelompok asli masyarakat Muna asli, bukan impor. "

MUNA, TELISIK.ID - Pernyataan ganti bupati dan ganti rasa, hampir setiap kali digaungkan pesaing pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Muna nomor urut 1, LM Rusman Emba-Bachrun Labuta (TERBAIK).

Menanggapi hal tersebut, juru bicara (Jubir) TERBAIK, La Ode Muamar Kadhafi menganggap, pernyataan itu merupakan klaim yang khusus bukan sesuatu bersifat umum.

Artinya, hanya berlaku bagi kubu pesaing, bukan keinginan utuh seluruh masyarakat Muna. Karena, pasangan TERBAIK juga punya pendukung yang tidak bisa dinafikan.

"Ganti bupati dan ganti rasa itu hanya yel-yel tim sebelah. Sementara, tim TERBAIK juga punya yel-yel lanjutkan yang merupakan keinginan semua kelompok asli masyarakat Muna asli, bukan impor," ungkapnya.

Kadhafi juga menyayangkan ada pernyataan tim pesaing yang cukup provokatif dengan menyebut petahana bisa menang, jika melakukan kecurangan.

Hal tersebut menurut Kadhafi menunjukan bentuk kepanikan atas konstelasi yang terjadi di lapangan dan kecenderungan manusia abnormal semakin panik, maka akan semakin tidak rasional.

Baca juga: Ketua Golkar Kendari Perkuat Internal Partai untuk Pilwali 2022

Itu tentunya juga, sesuatu yang sangat naif dan di luar akal sehat. Karena klaim kemenangannya sudah ditentukan sangat pasti dengan basis argumentasi yang tidak bisa diukur.

Apalagi, klaim kemenangan telak berdasarkan banyak arak-arakan motor, mobil, antusias masyarakat di setiap lokasi kampanye, banyak dukungan datang sukarela ke rumah pesaing, banyak ASN yang diam-diam dan hasil survey internal.

"Dasar yang disajikan semua tidak bisa diukur, kalau indikatornya banyak seperti yang mereka lihat, kami juga punya banyak bahkan fakta yang kami telusuri lebih banyak, sangat aneh kalau klaim menang atas dasar khayalan, akal sehat mati," bebernya.

Mantan Ketua Perkumpulan SWAMI itu menjelaskan, pihak lawan saat ini mencoba menerapkan strategi politik klaim dengan cara propaganda melalui media, tujuannya menggiring opini publik dengan stigma negatif yang dilengketkan kepada petahana.

"Ini pola licik yang harus diwaspadai, 30 hari lagi pencoblosan, mereka sudah mulai menggiring opini membentuk stigma curang kepada paslon TERBAIK. Saya anggap, ini strategi orang-orang cerdas yang kehilangan akal sehat," cibirnya.

Baca juga: Kehadiran Partai Masyumi Tak Pengaruhi Pergerakan Politik PAN

Untuk ukuran klaim kemenangan dengan dasar data yang terukur, misalnya hasil survey internal itu hal yang wajar, walaupun tidak ditahu pasti metode analisisnya pakai cara ilmiah atau tidak.

"Walaupun metodologi surveinya tidak terbuka, kami apresiasi hasil persentase kemenangan mereka yang mencapai angka 70 persen," ujarnya.

Saat ini, lanjut Kadhafi, sudah banyak serangan melalui isu yang dihembuskan kepada paslon TERBAIK, namun faktanya hanya lempar batu sembunyi tangan.

"Paslon TERBAIK sudah jadi tersangka pelaku curang jauh sebelum hari H Pilkada. Ini bukan semata fakta kepanikan, tetapi kita juga mencurigai adanya desain curang yang sedang dibuat dan seakan-akan dijalankan menjelang hari pemilihan, prakondisinya sudah dimulai dan saling terkait satu sama lain," ungkapnya.

Atas fenomena yang terjadi selama ini, Rusman Emba berulang kali menghimbau kepada pendukungnya untuk tetap fokus, tetap santun, demi menjaga marwah Pilkada yang aman dan damai di daerah ini. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga