Jurnalis Telisik.id Tanamkan Jiwa Literasi Pelajar Muna

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Selasa, 26 April 2022
0 dilihat
Jurnalis Telisik.id Tanamkan Jiwa Literasi Pelajar Muna
Jurnalis Telisik.id, Fitrah Nugraha saat memaparkan materi. Foto: Dok. Telisik

" Jurnalis Telisik.id, Fitrah Nugraha, memaparkan tentang pentingnya mendalami kemampuan literasi, khususnya di bidang kepenulisan "

MUNA, TELISIK.ID - Jurnalis media online nomor 1 di Sulawesi Tenggara, Telisik.id, Fitrah Nugraha, menjadi pemateri pelatihan keterampilan jurnalistik di SMA 2 Parigi Kabupaten Muna, Selasa (26/4/2022).

Kegiatan Kelas Inspirasi Berbagi Keterampilan Jurnalistik dan Wirausaha tersebut, merupakan program PT PLN (Persero) UPP Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan Kendari Kreatif.

Dalam pelatihan itu, Fitrah Nugraha selaku jurnalis Telisik.id memaparkan tentang pentingnya mendalami kemampuan literasi, khususnya di bidang kepenulisan.

Kata dia, dengan mempunyai kemampuan menulis ini banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di antaranya adalah menjadi wartawan, penulis buku, content writer, dan sebagainya.

"Semangat literasi ini harus ditumbuhkan dalam diri kita, karena kita akan lebih terpacu untuk terus belajar dan mengembangkan diri," katanya.

Sementara itu, Kepala SMA 2 Parigi, La Koma mengatakan, semangat literasi ini harus terus didorong. Apalagi di sekolah ini akan punya Taman Literasi, sehingga bisa menumbuhkan keinginan terus membaca dan menulis.

Baca Juga: PDAM Muna Bayarkan THR Rp 250 Juta, Pemkab Belum Ada Tanda-Tanda

"Tujuan kami adalah bagaimana generasi kita di daerah ini bisa juga terus berkembang. Bagaimana literasi yang ditanamkan pemerintah bisa terus berkarya dengan terus membaca dan menulis," ujarnya.

Selain itu, Ketua Kendari Kreatif, La Ode Muhammad Iksan mengungkapkan, program yang dibangun bersama PLN ini bagian dari tanggungjawab mendorong para siswa untuk mengembangkan keahliannya.

Baca Juga: ASN Muna Dituntut Tingkatkan Disiplin, Sekda Cek Kehadiran di OPD

"Kita support adik-adik ini karena mereka merupakan harapan bangsa, khususnya di kabupaten Muna," katanya.

Pada kegiatan tersebut, pihak PLN melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Bantuan Perpustakaan dan Pengembangan Keterampilan Jurnalistik dan Wirausaha menyerahkan bantuan dua komputer di SMA 2 Parigi, Kabupaten Muna. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga