Kabupaten Muna Pamerkan Keunikan Produk Unggulan, Pukau Pengunjung

La Ode Manarfa Nafsahu, telisik indonesia
Rabu, 24 April 2024
0 dilihat
Kabupaten Muna Pamerkan Keunikan Produk Unggulan, Pukau Pengunjung
Stan Kabupaten Muna pada acara Pekan Produk Unggulan Provinsi Sulawesi Tenggara, terusan . Foto: La Ode Manarfa Nafsahu/Haerani Hambali/Telisik

" Dalam Pekan Produk Unggulan Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Muna hadir bagaikan permata tersembunyi "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam Pekan Produk Unggulan Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Muna hadir bagaikan permata tersembunyi, memukau pengunjung dengan deretan karya asli daerah yang mencerminkan kekayaan budaya dan keahlian lokal.

"Melalui ajang ini, Kabupaten Muna ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kami memiliki kekayaan budaya dan keahlian yang luar biasa," ujar Samsury, Kepala Bidang Promosi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Muna, dengan penuh semangat.

Di stand Kabupaten Muna, pengunjung dimanjakan dengan keindahan seni kerajinan tangan dan cita rasa kuliner otentik. Nentu, kerajinan tangan dari tanaman merambat yang diubah menjadi tempat minuman dalam kemasan, tisu, penutup saji, dan bahkan jam dan tempat buah dari akar kayu jati, menjadi daya tarik utama.

Tak hanya itu, Kabupaten Muna juga memamerkan pesona tenun Masalili yang diwujudkan dalam bentuk tas, kain, dan pakaian dengan motif warna yang ditenun menggunakan alat tradisional.

Baca Juga: Harta Kekayaan Lukman Abunawas Didominasi Puluhan Tanah dan Bangunan

Di sudut lain, aroma harum minuman herbal dari biji kelor, teh kelor, dan jambu kacang mente menggoda para pengunjung. Tak ketinggalan, keripik pisang dan rapo-rapo ikan kering sambal goreng siap memanjakan lidah para pecinta kuliner.

"Dengan adanya kegiatan Pekan Produk Unggulan Sulawesi Tenggara ini, para pengrajin dari Kabupaten Muna bisa lebih berkembang untuk memajukan kerajinan Sulawesi Tenggara," tutur Samsury penuh optimisme.

Semangat yang sama diungkapkan oleh Azizam, Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Dinas Pariwisata Kabupaten Muna.

"Kami ingin Kabupaten Muna lebih dikenal dengan produk-produk unggulan dari kerajinan tangan tenunan dan kerajinan lainnya," harapnya.

Partisipasi Kabupaten Muna dalam Pekan Produk Unggulan Sulawesi Tenggara ini bukan hanya ajang pamer produk, tetapi juga cerminan komitmen daerah ini untuk terus berinovasi dan memberdayakan industri lokal.

Baca Juga: BRIDA Sulawesi Tenggara Torehkan 13 Riset dan Inovasi pada 2023

Di era persaingan global yang semakin ketat, Kabupaten Muna menunjukkan tekadnya untuk memperkaya pasar lokal, mengukuhkan posisi Sulawesi Tenggara sebagai destinasi wisata, dan menjadi pusat pengembangan ekonomi kreatif yang berdaya saing.

Keberagaman produk unggulan dan semangat pembangunan ekonomi berkelanjutan yang diusung Kabupaten Muna, menjadi bukti nyata potensi luar biasa yang dimiliki oleh daerah ini.

Pekan Produk Unggulan Sulawesi Tenggara bagaikan panggung gemerlap bagi Kabupaten Muna untuk menunjukkan kepada dunia bahwa mereka siap bersinar dengan keunikan dan kearifan lokalnya.

Kegiatan ini diselenggarakan di Lapangan Eks MTQ pada Selasa (23/4/2024) hingga Kamis (25/4/2024), dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke-60 Provinsi Sulawesi Tenggara.

Penulis: La Ode Manarfa Nafsahu

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga