Kades di Kolaka Utara Belum Lapor Kondisi Rumah Warga Terdampak Abrasi

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 15 Februari 2023
0 dilihat
Kades di Kolaka Utara Belum Lapor Kondisi Rumah Warga Terdampak Abrasi
Kondisi rumah warga di pesisir pantai tepatnya di Dusun IV, Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua yang hampir roboh akibat abrasi. Foto: Ist.

" Belasan rumah warga yang terletak di pesisir pantai Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara yang terancam abrasi pantai hingga saat ini belum mendapat penanganan "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Belasan rumah warga yang terletak di pesisir pantai Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara yang terancam abrasi pantai hingga saat ini belum mendapat penanganan.

Tak ayal, warga yang berdomisili di Dusun IV desa tersebut sudah berbulan-bulan diliputi rasa cemas, terkait nasib rumahnya yang nyaris ambruk digerus abrasi pantai.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Utara, hingga saat ini masih menunggu laporan rincian kerusakan dari pemerintah desa (pemdes) agar secepatnya dapat dilakukan tindakan.

Baca Juga: Dianggap Ganggu Belajar Mengajar MTsN 3 Kolaka Utara Larang Guru Bawa Anak ke Sekolah

"Hingga saat ini kami belum menerima laporan kerusakan dari pemerintah desa atau aparat desa setempat," kata Kepala BPBD, Andi Faizal, Rabu (15/2/2023).

Bahkan kata dia, pihaknya baru tahu ancaman abrasi pantai di Desa Sulaho melalui media.

Sementara itu, Kepala Desa Sulaho, Muh Nasir mengaku belum melaporkan kondisi itu ke BPBD karena sedang perjalanan luar daerah.

"Saya sedang di jalan ini menuju Makassar dan belum sempat merilis laporan," terangnya.

Meski demikian, ia menyampaikan jika rumah yang terdampak abrasi bukan hanya empat unit tetapi sebanyak 11 rumah yakni kediaman milik Tajuddin, Basyir, Jafar, Andi Fadli Patola, Muh. Amir dan Baso Hermanto,  Herman, Syaripuddin, Saharuddin, Muhammad Saiful dan Jamaluddin.

Baca Juga: Pilkades Serentak Kolaka Utara Tak Kenal Pemilihan Ulang

"Infonya rumah Jamaluddin sudah hilang sepotong," ujarnya.

Sebelumnya, Selasa (14/2/2023) Kepala Dusun IV Desa Sulaho, Abdullah menyampaikan jika terdapat empat rumah rusak berat akibat abrasi pantai. Bahkan, satu dari empat hunian nyaris ambruk menyebabkan pemilik rumah terpaksa mengungsi ke perumahan sekolah.

"Separuh badan bangunan yang diperkirakan berukuran 7x6 meter tersebut hilang pijakan digerus abrasi," bebernya. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga