Kampung Anak Sejahtera di Kendari, Pj Wali Kota Harap Bisa Cegah Stunting

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 30 September 2024
0 dilihat
Kampung Anak Sejahtera di Kendari, Pj Wali Kota Harap Bisa Cegah Stunting
Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, berharap Kampung Anak Sejahtera dapat mencegah stunting. Foto: Ist.

" Mengusung tema "Cegah Stunting Melalui Kampung Anak Sejahtera," Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, harap dapat mencegah stunting di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Mengusung tema "Cegah Stunting Melalui Kampung Anak Sejahtera," Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, harap dapat mencegah stunting di Kota Kendari.

Peluncuran Kampung Anak Sejahtera menjadi momen bersejarah, karena Kota Kendari menjadi satu-satunya daerah di Sulawesi Tenggara yang melaksanakan program ini, dengan harapan dapat menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain di provinsi ini.

Pj Wali Kota Kendari menyampaikan bahwa Kampung Anak Sejahtera ini merupakan langkah konkret Pemerintah Kota Kendari dalam menangani masalah stunting yang kian menjadi isu nasional.

"Kampung Anak Sejahtera di Kendari adalah yang pertama di Sulawesi Tenggara, dan saya berharap langkah ini dapat menginspirasi daerah lain di Sulawesi Tenggara untuk mengikuti jejak ini," ujar Muhammad Yusup.

Kampung Anak Sejahtera di Kota Kendari menjadi satu-satunya di Sulawesi Tenggara diharap mampu cegah stunting. Foto: Ist.

 

Ia menambahkan, ini merupakan wujud perhatian pemerintah terhadap masyarakat, terutama dalam rangka menanggulangi stunting yang kerap menjadi masalah gizi pada anak.

Baca Juga: Kader BKB Kit Stunting Kota Kendari Diharapkan Bisa Tingkatkan Kapasitas

Lebih lanjut, Pj. Wali Kota menekankan pentingnya peran serta semua elemen masyarakat dan instansi terkait dalam mendukung program ini.

Pj Wali Kota Kendari saat menyambangi Kampung Anak Sejahtera di Kota Kendari. Foto: Ist.

 

"Isu stunting bukan hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan, namun sudah menjadi tanggung jawab kita semua. Untuk itu, kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta sangat penting agar Kampung Anak Sejahtera bisa berjalan efektif dalam menanggulangi masalah stunting," ungkapnya.

Program Kampung Anak Sejahtera ini bertujuan untuk memberikan perhatian lebih pada keluarga dengan anak-anak yang berisiko mengalami stunting, terutama dengan meningkatkan akses terhadap kebutuhan gizi dan kesehatan yang memadai.

Pemerintah Kota Kendari komitmen dalam menurunkan angka stunting. Foto: Ist.

 

Dalam pelaksanaannya, program ini melibatkan berbagai pihak mulai dari dinas terkait, tenaga kesehatan, hingga organisasi kemasyarakatan yang bekerja sama untuk mengedukasi masyarakat tentang pola hidup sehat dan pentingnya asupan gizi seimbang bagi tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Pemberian Makanan Tambahan untuk Perbaikan Gizi Anak dan Cegah Stunting

Sebagai upaya dalam mencegah stunting, Pj Wali Kota Kendari bersama dengan Ibu Ketua TP PKK Kota Kendari, menyerahkan bantuan berupa beras dan bibit cabai kepada warga setempat.

Bantuan ini sebagai bentuk dukungan langsung kepada masyarakat dalam rangka mendorong kesejahteraan keluarga. Selain itu, bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi warga untuk meningkatkan ketahanan pangan di lingkungan sekitar mereka.

Kampung Anak Sejahtera ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat yang berharap program ini bisa membawa dampak positif bagi generasi mendatang. Diharapkan, dengan adanya program ini, Kota Kendari dapat menjadi contoh nyata dalam pencegahan stunting di Indonesia. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga