Kapal Malam Kendari-Raha tak Beroperasi Karena Rugi Total

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 28 April 2020
0 dilihat
Kapal Malam Kendari-Raha tak Beroperasi Karena Rugi Total
Salah satu kapal malam penyeberangan Kendari-Raha. Foto: Ist.

" Kapal malam tidak beroperasi karena tidak ada yang diangkut. Kalau pun ada penumpang, cuma 10 atau 20 orang, itu tidak menutupi biaya operasional. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari membeberkan alasan mengapa kapal malam rute Kendari-Raha sejak beberapa waktu belakangan sudah tidak beroperasi lagi.

Kepala Syahbandar Kendari, Benyamin Ginting, mengungkapkan, tidak beroperasinya penyeberangan kapal malam tersebut diakibatkan pihak perusahaan mengalami kerugian lantaran kurangnya penumpang selama pandemi COVID-19.

"Kapal malam tidak beroperasi karena tidak ada yang diangkut. Kalau pun ada penumpang, cuma 10 atau 20 orang, itu tidak menutupi biaya operasional," papar Benyamin Ginting saat ditemui di Kantor DPRD Sultra, Selasa (28/4/2020).

Hingga saat ini, kata Ginting, kapal malam rute Kendari-Raha sudah mengalami kerugian total. Bagaimana mungkin kapal tersebut melayani penyeberangan jika tidak ada penumpang dan barang.

Meski demikian, pagi tadi masih ada kapal SIMBA 01 yang melakukan penyeberangan dengan jumlah penumpang sekitar 100 orang dan barang 15 ton walaupun masih belum mampu menutupi biaya operasional.

Baca juga: Pasien COVID-19 Kabur dari RS, Menyerahkan Diri pada Bupati

"Tapi karena memikirkan kebutuhan masyarakat, kapal itu tetap berangkat. Pertanyaannya, sampai kapan mereka mau? Mereka tidak mau rugi lebih besar lagi, karena tidak ada subsidi," ujarnya.

Namun jika pemerintah mau mensubsidi kapal-kapal penyeberangan swasta tersebut, pastinya masih bisa beroperasi walaupun prioritasnya barang.

"Tapi kita juga masih syukur ini karena kapal cepat yang di Pelabuhan Nusantara masih mau menyeberang, padahal dia juga rugi," bebernya.

Untuk diketahui, terdapat dua perusahaan berbeda yang melakukan penyeberangan kapal malam rute Kendari-Raha, yakni PT Aksar Saputra Lines dan PT Uki Raya Lines.

Reporter: Kardin

Editor: Rani

Baca Juga