adplus-dvertising

Kasiono Oe, Telaga dengan Pesona Alam yang Indah di Mubar

Laode Pialo, telisik indonesia
Sabtu, 10 April 2021
2502 dilihat
Kasiono Oe, Telaga dengan Pesona Alam yang Indah di Mubar
Telaga Kasiono Oe dengan berbagai keindahannya. Foto: Ist.

" Kasiono Oe berasal dari bahasa Muna yang artinya air yang surut. Pemberian nama ini karena proses terbentuknya telaga. "

TELISIK.ID, MUNA BARAT - Mungkin nama Kasiono Oe (bahasa Muna) masih terasa asing di kalangan masyarakat Sulawesi Tenggara. Khususnya di luar Pulau Muna.

Tempat wisata yang berlokasi di Kelurahan Lapadaku, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat ini masih tergolong baru dan mulai dikenal sekitar tahun 2019. Meski Demikian, tempat wisata ini cukup menarik untuk dikunjungi.

Kasiono Oe berasal dari bahasa Muna yang artinya air yang surut. Pemberian nama ini karena proses terbentuknya telaga.


 

 

Telaga ini akan mengering saat musim kemarau dan meluap saat musim hujan. Jika musim hujan, debit airnya meluas sampai di kebun-kebun masyarakat.

Selain mengandalkan air hujan, Kasiono Oe memiliki tiga sumber mata air,  yakni mata air Soni, mata air Liano Ghule dan mata air Mata. Ketiga sumber mata air ini letaknya sangat berdekatan.

Kasiono Oe adalah salah satu tempat wisata dengan keindahan alam yang mengagumkan. Pemandangan alam yang menawan membuat pengunjung betah untuk menghabiskan waktu di tempat ini.

Baca juga: Asyik Main Game, Pria di Bombana Tewas Diparangi Rekannya Sendiri

Pengunjung akan disuguhkan dengan suasana damai, udaranya yang sejuk ditambah dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Kawasan wisata ini menawarkan keindahan alam yang tak kalah dengan objek wisata lainnya. Di sebelah barat dan utara Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan dan pohon yang asri nan hijau.

Hamparan rumput gajah yang tumbuh subur menambah daya tarik pengunjung sehingga tak heran jika spot ini sangat diminati para fotografer.

Objek wisata ini merupakan satu-satunya telaga di Mubar yang sangat eksotik. Tentunya sangat cocok untuk menambah stok foto di halaman  media sosial kalian.

Bagi Anda yang ingin menikmati panorama keindahan telaga Kasiono Oe, Anda tidak perlu merogoh isi kantong terlalu banyak.

Anda hanya membayar Rp 20 ribu saja untuk menyewa  perahu rakitan warga agar bisa berkeliling sambil menikmati indahnya Telaga Kasiono Oe.

Baca juga: Mayat Membusuk Ditemukan di Kuburan China Sumut

Dengan berkeliling menggunakan perahu, Anda bisa mencari tempat berswafoto yang paling menarik dengan latar yang cukup indah dan memanjakan mata.

Kasiono Oe akan lebih indah jika dikunjungi di sore hari. Anda akan mendapatkan sensasi yang cukup indah dengan hembusan angin sepoi-sepoi tanpa sinar matahari. Kamera Anda akan dimanjakan dengan hiasan latar-latar yang menakjubkan.

Sayangnya sampai saat ini destinasi wisata ini belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah setempat. Sehingga tidak ada pengelolaan khusus. Pengunjung hanya ramai pada momen-momen tertentu.

"Padahal kalau dikelola dengan baik potensi wisatanya sangat luar biasa," ujar Imran, salah satu pengunjung Kasiono Oe.

"Tidak setiap hari ada pengunjung. Hanya pada saat-saat hari libur, misalnya selesai lebaran," beber Azrul, warga Kelurahan Lapadaku.

Jika Anda ingin menyaksikan sensasi indahnya Kasiono Oe, Anda tak perlu ragu. Tempatnya di Kelurahan Lapadaku, tak jauh dari jalan poros Raha-Wakengkoli. Dari jalan poros, kurang lebih jaraknya hanya 1 kilo meter dan menghabiskan waktu  tiga atau empat menit saja untuk sampai di lokasi ini. (B)

Reporter: Laode Pialo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga