Kata BMKG Soal Fenomena Pelangi Api yang Terjadi di Kota Kendari

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Senin, 25 Desember 2023
0 dilihat
Kata BMKG Soal Fenomena Pelangi Api yang Terjadi di Kota  Kendari
BMKG menerangkan terkait fenomena pelangi api yang terjadi di Kota Kendari. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Pelangi api atau fire rainbow terjadi ketika cahaya matahari dipantulkan oleh kristal es di awan yang tinggi. Pembentukan pelangi api ini disebabkan karena adanya cahaya yang melewati awan sirus pada altitud yang tinggi dan tipis "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa hari lalu, tepatnya Jumat (22/12/2023), terjadi fenomena langit yang mengegerkan warga Kota Kendari, fenomena itu disebut pelangi api.

Dikutip dari liputan6.com, pelangi api atau fire rainbow terjadi ketika cahaya matahari dipantulkan oleh kristal es di awan yang tinggi. Pembentukan pelangi api ini disebabkan karena adanya cahaya yang melewati awan sirus pada altitud yang tinggi dan tipis.

Sementara itu, menurut pengakuan Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Zaenuddin, fenomena tersebut terjadi karena adanya pembiasan sinar matahari yang melewati kristal es di dalam awan cirrus (jenis awan tinggi).

Ia juga menambahkan, fenomena itu biasanya terbentuk di atas awan cumulonimbus, karena suhu puncak dari awan tersebut yang sangat dingin.

Lebih lanjut, Zaenuddin juga menerangkan, hal itu merupakan fenomena langka namun pernah beberapa kali terjadi di Kota Kendari.

Baca Juga: Heboh, Kemunculan Fenomena Unik di Langit Kota Kendari, Pelangi Terbakar?

“Beberapa kali pernah terlihat di Kendari ketika terdapat awan cumulonimbus dan di atasnya terdapat awan cirrus,” jelasnya via Whatsapp, Senin (25/12/2023).

Saat kemunculannya beberapa hari lalu, fenomena itu sempat mengegerkan warga sekitar karena pemandangan yang tak biasa tersebut. Bahkan dalam pantauan Telisik.id di area perempatan Indomaret Laute, banyak warga Kendari yang sengaja singgah untuk mengabadikan fenomena unik ini.

Salah satunya ialah Aisyah, pengendara motor yang singgah mengabadikan fenomena unik tersebut di perempatan Indomaret Laute.

Baca Juga: BKSDA Sulawesi Tenggara dan PT Antam Konawe Utara Komit Lestarikan Taman Wisata Alam Teluk Lasolo

“Keren, baru kali ini saya lihat pelangi begitu,” tutur Aisyah setelah memotret fenomena langit tersebut.

Selain Aisyah ada juga pengendara mobil yang sengaja singgah mengabadikan momen tersebut, seperti Amrullah, seorang pengemudi taksi online.

“Disuruh singgah sama penumpang mau buat story katanya,” jelasnya. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga