Pj Bupati Konawe Salurkan Beras di Desa Punggaluku Abuki Guna Tekan Inflasi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 22 November 2023
0 dilihat
Pj Bupati Konawe Salurkan Beras di Desa Punggaluku Abuki Guna Tekan Inflasi
Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba saat menyalurkan bantuan beras 25 Kg di Desa Punggaluku, Kecamatan Abuki. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemda Konawe komitmem dalam menekan laju inflasi dan pengentasan kemiskinan dengan menyalurkan bantuan beras 25 kilogram per kepala keluarga di Desa Punggaluku, Kecamatan Abuki kepada 137 kepala keluarga "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemda Konawe komitmem dalam menekan laju inflasi dan pengentasan kemiskinan dengan menyalurkan bantuan beras 25 kilogram per kepala keluarga di Desa Punggaluku, Kecamatan Abuki kepada 137 kepala keluarga, Rabu (22/11/2023).

Penyerahan beras bantuan tersebut dilakukan pada saat Penjbat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, bersama Forkopimda, Sekretaris Daerah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan kunjungan kerja di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Abuki, Asinua dan Latoma.

Harmin Ramba mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya membantu masyarakat yang mengalami kesulitan akibat dampak panjang El Nino.

"Pemberian bantuan ini juga sebagai upaya pemerintah menekan laju inflasi, di mana harga pangan di pasar saat ini lagi mengalami kenaikan sehingga pemerintah hadir untuk membantu masyarakat," kata Harmin Ramba.

Baca Juga: PT Antam Konawe Utara Bantu Korban Bencana Kemanusiaan di Palestina

Menurut Harmin Ramba, bantuan beras yang dibagikan di Desa Panggulawu, Kecamatan Abuki ini bersumber dari anggaran afirmasi dana desa tahun 2023, di mana diketahui pada tahun 2023 ini, ada 10 desa di Kecamatan Abuki mendapatkan afirmasi dana desa.

Lanjut Harmin Ramba, alokasi afirmasi dana desa adalah program pemerintah yang bertujuan untuk membantu desa yang memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi dan berada pada daerah terpencil dan tertinggal.

Mantan Camat Abuki itu, meminta kepada masyarakat Konawe untuk memberikan dukungan dalam menjalankan tugas sebagai Pj Bupati Konawe. Harmin Ramba menegaskan, sebagai Pj bupati, dirinya berkomitmen untuk membangun daerah.

"Saya hanya diberi tugas selama satu tahun. Sehingga satu tahun ini saya fokus untuk membangun Konawe," tegasnya.

Terakhir, Harmin Harman mengimbau kepada seluruh kades dan aparatnya untuk netral pada Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

Baca Juga: Warga Uepai Konawe Adu Jodos Buntut Sengketa Lahan

"Kepala desa tidak boleh menjadi tim sukses apalagi menjadi tim pemenangan calon tertentu. Aparatur harus netral, tidak boleh berpihak," tegas Harmin Ramba.

Diketahui sebelum menyalurkan bantuan beras di Desa Punggaluku, Pj Bupati menggelar pasar murah di Desa Walay Kecamatan Abuki. Dalam kegiatan pasar murah tersebut, Pemda Konawe memberikan subsidi Rp 4000 di setiap item bahan pokok yang dibeli oleh masyarakat.

Selanjutnya, Pj Bupati Konawe melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Asinua dan Latoma untuk bertatap muka dengan warga setempat, sekaligus memberikan bantuan beras kepada warga Desa Asipako  Kecamatan Asinua dan warga Kecamatan Latoma.

Sementara itu, salah satu masyarakat Punggaluku Hardin mengatakan, adanya bantuan beras ini masyarakat sangat terbantukan untuk kebutuhan pangan dimana harga saat ini sedang melonjak. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga