adplus-dvertising

Kejar Herd Immunity, Kapolri Dijadwalkan Sambangi Konawe Selatan

Ashar Hamka, telisik indonesia
Rabu, 15 Desember 2021
558 dilihat
Kejar Herd Immunity, Kapolri Dijadwalkan Sambangi Konawe Selatan
Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo M.Si. Foto: Repro Pikiran Rakyat

" Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo M.Si dijadwalkan bakal memantau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di Konawe Selatan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pemkab Konawe Selatan bergerak, target untuk mencapai Herd Immunity sebelum akhir tahun 2021 terus digenjot.

Dari data terbaru hari ini, Rabu 15 Desember 2021, bertempat di lapangan Sepakbola Sorumba Kecamatan Ranomeeto bakal digelar vaksinasi massal.

Istimewanya, jika tak ada aral Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo M.Si dijadwalkan bakal memantau langsung pelaksanaan vaksinasi massal tersebut.


Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, ST. MM menyebutkan, selain melihat titik lokasi vaksinasi di Kecamatan Ranomeeto, mantan Dirkrimum Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) Tahun 2013 itu, bakal memantau pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Basala via video conference.

Untuk persiapan kunjungan Kapolri tersebut, Bupati Konsel telah mengumpulkan para pimpinan OPD, Camat dan Kepala Puskesmas se-Konsel.

Ia meminta agar memanfaatkan sebaik-baik momen ini untuk kejar target minimal 70 persen akhir tahun 2021 atau capai 3000 target sasaran cakupan vaksinasi per hari.

Baca Juga: Ketua KPK Bicara Presidential Threshold Pemilu Dipertanyakan

Nantinya, kata dia, mayoritas tenaga kesehatan akan dibantu TNI-Polri yang ditugaskan sementara ke pusat lokasi vaksin, dengan tidak menghentikan kegiatan serupa di wilayah kecamatan lain yang tidak dikunjungi Kapolri.

Lebih lanjut, kata bupati, sasaran yang akan tervaksin di kegiatan ini baik dosis pertama maupun dosis kedua. Uniknya, untuk kegiatan vaksinasi kali ini, Bupati Surunuddin menyiapkan Door prize diantaranya berupa hadiah utama sepeda motor. Tentunya bagi warga yang telah melakukan vaksinasi di tempat.

“Selain memotivasi warga untuk datang vaksin. Kami juga melaksanakan sistem jemput bola bagi warga yang belum vaksin dari rumah ke titik kegiatan,“ ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo, SIK dan Kapolresta Kendari, serta perwira penghubung TNI senada menyatakan kesiapannya mensukseskan kegiatan dimaksud dan akan menugaskan personelnya, termasuk menyiapkan dosis vaksin.

Dari data yang dihimpun Telisik.id, hingga kini Sultra masih berada di posisi empat terbawah angka capaian vaksinasi di Indonesia. Hingga 9 Desember lalu, capaian vaksinasi sebesar 45,59 persen atau sebanyak 912.914 warga telah melakukan vaksinasi dari target sasaran sebanyak 2.002.579.

Baca Juga: Kabar Baik, BMKG Cabut Peringatan Tsunami untuk NTT Pasca Gempa

Gubernur Ali Mazi mengungkapkan, data yang dia terima dari Dinas Kesehatan angka vaksinasi tertinggi baru terdapat di tiga daerah, yaitu Kota Kendari dengan capaian vaksinasi mencapai angka 68,35 persen, Konawe Utara 60,59 persen dan Bombana sebesar 58,27 persen.

Sedangkan terendah terdapat di Kabupaten Konawe Kepulauan yakni sebesar 22,21 persen.

Ia berharap, puskesmas-puskesmas di kabupaten/kota jangan hanya menunggu bola datang, menunggu pasien datang. Kalau masyarakat hari ini disuruh datang, maka itu akan sulit, tetapi kita harus menjemput mereka, memberikan edukasi pada mereka terutama memberikan sesuatu," jelas gubernur saat penyerahan DIPA dan TKDD tahun 2022, Senin (13/12/2021). (B)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga