Kejar Herd Imunnity, Vaksinasi di Muna Door To Door

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 18 Desember 2021
0 dilihat
Kejar Herd Imunnity, Vaksinasi di Muna Door To Door
Camat Kontunaga, Andi April (paling ujung kiri) bersama tim vaksinator yang akan melakukan door to door. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pemkab Muna terus menggenjot vaksinasi dalam rangka mengejar herd immunity. Langkah yang dilakukan dengan melaksanakan vaksinasi door to door. "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna terus menggenjot vaksinasi dalam rangka mengejar herd immunity (kekebalan kelompok).

Langkah yang dilakukan Pemkab adalah dengan melaksanakan vaksinasi door to door.

Bupati Muna, LM Rusman Emba pun turun tangan langsung untuk mencapai target vaksin 70 persen hingga 31 Desember mendatang.

Tak tanggung-tanggung, ia memerintahkan camat, lurah, kepala desa (Kades) untuk terjun langsung di lapangan untuk mengimbau masyarakat dan memantau pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan tenaga kesehatan (Nakes).

Menurut Rusman, saat ini capaian vaksinasi di Sultra masih sangat rendah, sehingga mendapat perhatian serius dari Pemerintah Pusat.

Khusus di Muna, capaian vaksinasi masih sekitar 45 persen. Makanya, untuk mencapa 70 persen, ia telah menginstruksikan seluruh jajarannya melakukan vaksinasi door to door.

"Vaksinasi harus terus digalakan, jangan sampai nanti kita dimalukan karena tidak mampu melakukan konsolidasi," kata Rusman, Sabtu (18/12/2021).

Apa yang menjadi intruksi bupati itu langsung ditindaklanjuti oleh para camat. Di Kecamatan Kontunaga misalnya, Camat, Andi April melepas langsung tim vaksinator untuk melakukan kunjungan dari rumah ke rumah guna memastikan warga yang menjadi sasaran telah mendapatkan sintikan vaksin.

Baca Juga: Pimpin Upacara HUT Wakatobi ke-18 Tahun, Ini Harapan Gubernur Sultra

"Kita lakukan door to door untuk mengedukasi tentang manfaat  suntikan vaksin, serta lebih mendekatkan pelayanan pada warga," kata Andi April.

Tim vaksinator yang dilepas itu akan turun ke rumah warga sejak 19-31 Desember mendatang. Dengan adanya metode pendekatan itu, diharapkan warga yang menjadi sasaran vaksin dapat terlayani dengan baik.

Baca Juga: Ratusan Petani di Kolut Budidaya Kedelai Varian Anjasmoro

"Kami terus melakukan pemantauan bekerja sama TNI/Polri," pungkasnya.

Selain di Kecamatan Kontunaga, vaksinasi door to door juga dilakukan di Kecamatan Katobu dan Batalaiworu. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga