Kekeringan Sudah Terjadi Saat Ini, Tanda Kiamat Semakin Dekat?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 15 Oktober 2023
0 dilihat
Kekeringan Sudah Terjadi Saat Ini, Tanda Kiamat Semakin Dekat?
India termasuk salah satu negara yang dilanda kekeringan saat ini. Kekeringan yang terjadi di India adalah akibat dari perusakan lahan hijau yang menjadi pemukiman manusia. Foto: Repro Detik.com

" Saat ini, Indonesia mengalami panas yang cukup ekstrem bahkan di beberapa daerah terjadi kekeringan "

KENDARI, TELISIK.ID - Bumi semakin menua. Hal ini dapat dilihat dari beberapa fakta seperti banyak hewan yang telah punah, tumbuhan berkurang, sedangkan populasi manusia, hunian berupa gedung, semakin bertambah.

Di dalam ajaran Islam, percaya pada hari akhir atau hari kiamat, termasuk dalam rukun iman. Saat ini, Indonesia mengalami panas yang cukup ekstrem bahkan di beberapa daerah terjadi kekeringan.

Berikut deretan daerah di dunia yang mengalami kekeringan selain Indonesia:

1. Australia

Belum lama ini Australia menjadi saksi dari keganasan alam yang begitu mengerikan. Sebuah gelombang panas ekstrem yang terasa seperti nyeri dan benar-benar nyata. suhu di sebagian negeri kanguru ini melambung begitu tinggi hingga hampir mencapai ambang batas yang tak terbayangkan, hampir 50 derajat Celcius.

Saat itu Australia terasa seperti tanah neraka yang tengah mencengkeram dengan amarahnya. Manusia dan alam semesta merasakan panas yang membara. Bayangkan ketika matahari membakar dengan intensitasnya yang luar biasa. Orang-orang di sana bahkan bisa memasak daging dan telur hanya dengan memanfaatkan sinar matahari yang melahap segalanya.

2. Amerika

Perubahan iklim yang menggemparkan tidak hanya menimpa Australia, tetapi juga berdampak di seluruh penjuru dunia. Bahkan mencapai kota-kota yang tidak pernah mengalami fenomena cuaca ekstrem sebelumnya seperti Boston di Amerika Serikat. Bayangkanlah hujan badai yang bergemuruh disertai dengan salju turut mewarnai kekacauan di kota ini.

Baca Juga: Jenis Pakaian yang Perlu Dihindari saat Cuaca Panas

Fasilitas-fasilitas hancur dan kekacauan di jalanan juga tak terhindarkan. Bahkan di negara bagian Florida yang dikenal dengan cuaca panasnya lapisan salju mulai terlihat. Ini adalah tanda-tanda kejanggalan alam yang harus dihadapi oleh manusia.

3. India

Kisah mengerikan juga terulang di India, dimana bencana alam dan dampak dari aktivitas manusia menjadi satu perpaduan yang mematikan. Di tengah panas yang tak tertahankan, harimau-harimau kelaparan yang terbesar akhirnya muncul di pemukiman warga.

Suasana menjadi semakin menyeramkan ketika nyawa manusia menjadi taruhan atas kejadian ini. Bahkan harimau-harimau itu akhirnya harus dilumpuhkan dengan ditembak obat bius untuk mempermudah evakuasi dari pemukiman warga. Kekeringan yang terjadi di India adalah akibat dari perusakan lahan hijau yang menjadi pemukiman manusia.

Selain terjadi kekeringan, beberapa negara juga dominan terjadi gempa bahkan dengan frekuensi yang berbeda-beda seerti Selandia Baru, Indonesia, Papua Nugini, Vanuatu, AS, Tonga, Turki, Kaledonia Baru, dan sebagainya.

Dalam Sunan Ibn Majah, Shahih Ibn Khuzaimah dan Mustadrak al-Hakim diriwayatkan dari Abu Umamah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya menjelang kemunculan Dajjal ada tiga tahun yang sangat berat. Pada tahun-tahun tersebut, manusia dilanda bencana kelaparan. Pada tahun pertama, Allah memerintahkan langit untuk tidak menurunkan sepertiga hujannya, dan memerintahkan bumi untuk tidak menumbuhkan sepertiga tetumbuhannya," seperti dikutip dari Islampos.com.

Baca Juga: Kekeringan Akibat Elnino jadi Bencana Paling Banyak, Sulawesi Tenggara Punya 6 Titik Panas

Pada tahun kedua, Allah memerintahkan langit untuk tidak menurunkan dua pertiga hujannya, dan memerintahkan bumi untuk tidak menumbuhkan dua pertiga tetumbuhannya.

Pada tahun ketiga, Allah memerintahkan langit untuk tidak menurunkan semua hujannya, sehingga tak ada setetes pun air hujan, dan Allah memerintahkan bumi untuk tidak menumbuhkan semua tetumbuhannya, sehingga tumbuhan hijau tidak tumbuh. Akibatnya, hewan-hewan ternak semuanya binasa dan mati kecuali yang dikehendaki hidup oleh Allah.

Beliau ditanya, "Apa yang membuat manusia hidup pada zaman itu?"

Jawab beliau, "Tahlil, takbir, tahmid. Itu semua mencukupi mereka seperti halnya makanan." (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga