Kelangkaan Gas LPG 3 Kg, Dinas Perdagangan Kota Kendari Segera Tinjau Lapangan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 25 Oktober 2023
0 dilihat
Kelangkaan Gas LPG 3 Kg, Dinas Perdagangan Kota Kendari Segera Tinjau Lapangan
Mahal dan langkanya gas LPG 3 Kg mendapat perhatian dari Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Polemik harga dan kelangkaan gas LPG 3 Kg selama beberapa hari terakhir ini, dirasakan oleh sebagian besar masyarakat pengguna gas LPG "

KENDARI, TELISIK.ID - Polemik harga dan kelangkaan gas LPG 3 Kg selama beberapa hari terakhir ini, dirasakan oleh sebagian besar masyarakat pengguna gas LPG.

Tampak banyak masyarakat yang berkeliling dan mengeluhkan sulitnya mencari gas LPG 3 Kg untuk kebutuhan pribadi rumah tangga, namun pihak agen tidak melayani untuk membeli gas karena stok habis dan kosong.

Salah seorang pembeli gas LPG 3 Kg di Jalan Mayjen Katamso, Risnawati mengeluhkan pasokan gas yang sulit didapatnya. Ia menyebut, sudah beberapa hari ini mencari gas namun hampir semua agen dan kios-kios eceran kehabisan stok.

Baca Juga: Warga Kendari Naik Darah Tak Kebagian Gas Elpiji di Pangkalan

"Ini juga aneh, masa sekelas agen stoknya habis, biasanya agen itukan sudah sesuaikan stoknya dengan kebutuhan masyarakat, lain lagi kalau ada yang memang sengaja timbun ini barang biar mahal," keluhnya, Rabu (25/10/2023).

Selain langka dan mahal, gas LPG 3 Kg juga tembus Rp 70 ribu hingga Rp 75 ribu. Beberapa tempat agen penukaran gas 3 Kg memang kehabisan stok, namun mereka enggan berikan komentar terkait mahalnya gas tersebut.

Hal serupa juga dialami oleh mahasiswa UHO, Syakirah yang menyebut sudah beberapa hari keliling dengan tabung gasnya namun tak membuahkan hasil.

"Ke pasar panjang, pasar Anduonohu, bahkan sudah keliling di depan dan belakang kampus juga nda ada," keluhnya.

Sebagai mahasiswa yang berupaya menghemat pengeluaran di tengah kelangkaan gas se-Kota Kendari. Ia mencari alternatif lain menggunakan minyak tanah dan terkadang memasak menggunakan rice cooker.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae menanggapi terkait kelangkaan gas elpiji 3 Kg.

"Saya dengar ini dari 4 hari yang lalu dan kondisi yang terjadi saya juga rasakan sendiri. Karena pangkalan gas elpiji ini ada di sekitar rumah saya, sekitar satu Minggu sudah tidak ada yang masuk pasokan," bebernya.

Baca Juga: Akibat Kelangkaan Gas Elpiji, Pedagang Gorengan Berhenti Menjual

Ia akan mencari tau hal ini mengapa bisa terjadi, ia juga menyebut sudah menurunkan tim untuk mengecek siapa yang sebenarnya bermain di balik kelangkaan gas LPG 3 Kg.

"Teman-teman sudah turun tadi pagi, sidak, karena kalau begini terus kemungkinan besar harganya bakal tembus Rp 100 ribu," tambahnya.

Sebelumnya, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan, Pertamina menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak melakukan pembelian secara berlebih serta tidak meniagakan kembali LPG 3 Kg ini. Pertamina menjamin ketersediaan LPG 3 Kg tersedia di pangkalan terdekat. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga