Masjid Haji Lajtinta Hidayatullah, Masjid Unik Berwarna Pink

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 30 Maret 2023
0 dilihat
Masjid Haji Lajtinta Hidayatullah, Masjid Unik Berwarna Pink
Masjid Haji Lajtinta Hidayatullah yang dijuluki sebagai masjid pink karena keseluruhan warna masjid yang berwarna pink. Foto: Ist.

" Berdiri megah dengan desain minimalis, Masjid Haji Lajtinta Hidayatullah akan memanjakan mata jemaahnya dengan interior serba pink "

KENDARI, TELISIK.ID - Jika Telisikers sedang melakukan perjalanan dari arah Kota Kendari menuju Bandara Halu Oleo dan melewati Jalan Jendral Ahmad Yani, maka Telisikers pasti tak asing lagi dengan masjid yang dijuluki Masjid Pink ini.

Berdiri megah dengan desain minimalis, Masjid Haji Lajtinta Hidayatullah akan memanjakan mata jemaahnya dengan interior serba pink. Warna feminin tersebut membaluti hampir seluruh interior maupun eskterior masjid, mulai dari dinding, kubah, plafon, mimbar, tegel, hingga kamar mandi semuanya berwarna pink.

Warna pink sendiri diambil dari warna kesukaan salah satu pendiri masjid ini yang bernama Anis Lasakka yang merupakan keturunan dari nama masjid ini yaitu Haji Lajtinta Hidayatullah, sebagaimana yang disampaikan oleh Haryanto yang merupakan ketua pengurus masjid ini.

"Warna pink diambil dari warna kesukaan pendiri masjid ini, Anis Lasakka. Beliau kebetulan merupakan donatur utama dari masjid ini," tuturnya kepada Telisik.id, Rabu Malam (29/3/2023).

Masjid ini awalnya bernama Masjid Hidayatullah. Namun karena kondisi masjid yang begitu mepet dengan jalan utama, membuat Anis Lasakka mengambil langkah untuk memperluas masjid ini dan memundurkannya agar tidak begitu mepet di jalan utama.

Baca Juga: Masjid Tua di Muna Barat Tak Mampu Lagi Tampung Jemaah

Berdasarkan keterangan dari Haryanto, Anis Lasakka sendiri berinisiatif untuk membangun ulang masjid ini karena letak masjid ini yang begitu strategis bagi orang-orang yang sedang melakukan perjalanan menuju bandara atau Konawe Selatan dan sebaliknya, hingga menjadikan masjid ini memiliki julukan lain yaitu masjid transit.

Pernyataannya tersebut terbukti, dimana banyak dari jemaah yang menjadikan Masjid Pink ini sebagai tempat singgah beribadah, salah satunya adalah Marna warga Konawe Selatan, yang melakukan salat Tarawih di masjid ini.

"Saya dari Konsel mau ke arah kampus, kebetulan masuk waktu tarawih saya singgah salat dulu," tuturnya.

Masjid ini masih terbilang baru karena baru berdiri di tahun 2019 setelah diperbarui ulang. Dengan warna yang serba pink, masjid ini juga banyak menarik jemaah untuk singgah melakukan ibadah atau sekedar berswafoto. 

Baca Juga: Ramai Dikunjungi, Segini Omzet Pedagang Jajanan di Masjid Al-Alam

Selain itu, kondisi masjid yang nyaman menjadikan masjid ini juga banyak diminati oleh jamaahnya, seperti yang disampaikan oleh Sumardi.

"Masjidnya bersih, nyaman, sejuk juga," ungkapnya.

Masjid Haji Lajtinta Hidayatullah selama Ramadan 1444 Hijriah ini menyajikan buka puasa kepada seluruh pengunjung masjid yang mayoritas merupakan musafir atau orang yang sedang melakukan perjalanan. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga