Kembali Digelar, Begini Semaraknya Festival Potapaki ke-6 di Desa Kulati Wakatobi

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Rabu, 04 Mei 2022
0 dilihat
Kembali Digelar, Begini Semaraknya Festival Potapaki ke-6 di Desa Kulati Wakatobi
Bupati Wakatobi, Haliana saat melakukan ritual adat Pasombo pada Festival Potapaki ke 6 Foto: Boy Candra/Telisik

" Pesta budaya masyarakat kembali digelar setelah tertunda pada tahun 2021 akibat pandemi COVID-19 "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pesta budaya masyarakat Desa Kulati Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara, kembali digelar setelah tertunda pada tahun 2021 akibat pandemi COVID-19.

Kegiatan kali ini ditandai berbagai lomba yang diadakan mulai dari lomba syair Islam bulan suci ramadan seperti lomba adzan , lomba praktek sholat dan lain-lain, permainan rakyat atau olahraga tradisional di antaranya hekatende, hekafulalu hingga kaoda -oda. Serta yang tidak kalah menarik yaitu lomba tarian tradisional atau tari kreasi.

Dengan puncak pagelaran budaya seperti pengukuhan pasombo, kasodha, pajuju, manga lewu-lewu, bhosu-bhosu, dan poago nu barangka sebagai pengenalan kebudayaan dan promosi kepariwisataan Kabupaten Wakatobi.

Dihadiri langsung oleh Bupati Wakatobi turut mengungkapkan ucapan bangga dan apresiasi kepada masyarakat Kulati dalam menjaga budaya Wakatobi agar tetap lestari

"Kegiatan ini merupakan bentuk untuk melestarikan budaya dari beraneka ragam. Ini membuktikan bahwa kita di Tomia terkhususnya Kulati memiliki suatu peradaban yang luar biasa," ungkap Bupati Wakatobi, Haliana, Rabu (4/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Wakatobi juga berpesan, budaya dalam masyarakat Kulati harus tetap dijaga agar lestari dari generasi ke generasi.

Baca Juga: Pantai Meleura Muna Jadi Sasaran Pengunjung Saat Libur Lebaran

"Esensinya kita berada di sini adalah pelestarian. Agar masyarakat kita, anak-anak kita mereka semua melihat dan mengingat lubuk hati yang paling dalam mudah-mudahan tetap lestari," tambahnya

Haliana juga berpesan, kegiatan tersebut agar ini menjadi pelestarian budaya dan harus tetap diagendakan.

Baca Juga: Butur Bakal Bangun Embung untuk Kebutuhan Air Petani

"Anak-anak kita yang kemudian akan kita wariskan. Kita berikan foto dan berikan model pada hari ini bahwa inilah budaya kita," jelasnya.

Diketahui Festival Potapaki ke-6 tahun ini digelar mulai sejak 19 April hingga 4 Mei 2022. Sebelumnya Potapaki telah digelar tahun 2006, 2009, 2012, 2015, dan 2018.

"Insya Allah, tahun ini dapat kita agendakan kembali. Hasil donasi dari kegiatan ini nantinya akan difungsikan untuk pembangunan masjid berupa persputakaan masjid demi kemaslahatan masyarakat Desa Kulati," ujar Kepala Desa Kulati, Burhanuddin. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga