Kemenkes Kirim 16 Dokter Internship untuk Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 01 Juni 2024
0 dilihat
Kemenkes Kirim 16 Dokter Internship untuk Muna Barat
Penyerahan SK dan id card oleh Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo kepada dokter internship. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Kementerian Kesehatan kembali mengirimkan dokter umum ke Muna Barat melalui program dokter internship angkatan II tahun 2024 "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Kementerian Kesehatan kembali mengirimkan dokter umum ke Muna Barat melalui program dokter internship angkatan II tahun 2024.

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengatakan, Muna Barat patut berbangga karena masih berumur muda telah menjadi wahana penempatan PIDI Kemenkes yang tidak semua daerah mendapatkan program ini.

Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) merupakan suatu program magang bagi dokter yang baru menyelesaikan masa pendidikan profesi dengan tujuan untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga, dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.

Program internship dokter Indonesia di Muna Barat dilakukan selama 1 tahun, dapat dimanfaatkan dengan baik menggali dan belajar untuk menambah ilmu pengetahuan serta wawasan dan selalu menjaga disiplin, etika, komunikasi yang baik dalam menjalankan tugas di daerah penempatan masing-masing.

"Jangan terbesit perasaan sungkan untuk bertanya kepada para pembimbing dan pendamping di lapangan," ujarnya, Sabtu (1/6/2024).

Baca Juga: Kemenkes Luncurkan Tim Nusantara Sehat di Muna Barat

Ia menitipkan pesan bagi dokter internship yang bertugas di Kabupaten Muna Barat agar dapat mengikuti dan juga berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemda Muna Barat khususnya di layanan kesehatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, La Ode Mahajaya mengatakan bahwa program dokter internship ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan yang kemudian Muna Barat mencoba meminta untuk dijadikan salah satu wahana atau penempatan dokter internship.

Dokter internship yang telah dikukuhkan penempatannya di Puskesmas Tondasi, Puskemas Guali, dan RSUD Muna Barat, jika dibandingkan dengan tahun 2023 lalu penempatannya juga di Puskesmas Bero karena masuk kategori desa terpencil.

Namun, di tahun 2024 dokter internship tidak ditempatkan di Puskesmas Bero karena telah mendapat tenaga kesehatan dari Program Nusantara Sehat.

"Tidak semua kabupaten mendapatkan program ini karena tergantung upaya-upaya pemerintah daerah," ujarnya.

Harapannya terhadap dokter internship yang ditempatkan di Muna Barat, bisa melaksanakan tugas dengan baik, memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan semaksimal mungkin dan masyarakat juga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhannya.

Baca Juga: Layak jadi Wahana PIDI, Kemenkes Turunkan 16 Dokter Internsip di Muna Barat

Direktur RSUD Muna Barat, dr M Syahril Fitrah mengatakan bahwa program dokter internship yang dikirimkan oleh Kemenkes RI merupakan kedua kalinya, yang mana dokter internship yang telah bertugas di tahun 2023 berakhir pada 27 Mei 2024.

"Ada 16 dokter umum yang dikirim Kemenkes melalui program dokter internship," ujarnya.

Penugasan dokter internship ini dibagi yaitu 6 bulan di puskemas dan 6 bulan di RSUD, sehingga terhitung 1 tahun penugasan. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga