Kena Cakaran Anjing Rabies, Dua Bocah di Nusa Tenggara Timur Kritis

Berto Davids, telisik indonesia
Selasa, 27 Juni 2023
0 dilihat
Kena Cakaran Anjing Rabies, Dua Bocah di Nusa Tenggara Timur Kritis
Pemda Timor Tengah Selatan gencar lakukan vaksinasi rabies. Foto: Ist.

" Dua bocah di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur terkena cakaran anjing rabies. Saat ini dua bocah itu sedang dirawat di RSUD Soe "

TIMOR TENGAH SELATAN, TELISIK.ID - Dua bocah di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur terkena cakaran anjing rabies. Saat ini dua bocah itu sedang dirawat di RSUD Soe.

Kepala Dinas Kesehatan Timor Tengah Selatan, Ria Tahun menjelaskan, kritisnya dua bocah itu sudah terjadi sejak Senin malam (26/6/2023) dan sudah menunjukkan gejala terinfeksi rabies seperti takut cahaya, udara, dan air.

Ia menjelaskan, MS terkena cakaran anjing di punggung dan paha kanan pada April lalu. Saat dibawa ke RSUD Soe dua bocah itu sudah takut air, cahaya dan udara.

"Kedua korban saat itu tidak diberikan vaksin antirabies (VAR) karena masyarakat belum mengetahui kalau itu rabies," tutur Ria.

Baca Juga: Anjing Rabies Marak di Ruteng NTT, 6 Anak Jadi Korban

Baca Juga: Gigitan Hewan Penular Rabies di Nusa Tenggara Timur Capai 3.437 Kasus, Gubernur Minta Serum ke Menkes

Sementara itu Ketua Satuan Tugas Rabies, Ady Tallo menerangkan, hingga Selasa (27/6/2023) sore, korban gigitan anjing di TTS mencapai 576 orang yang tersebar di 29 kecamatan dan 148 desa. Rinciannya, bayi satu orang, balita (91), anak sekolah (196), dewasa (231) dan lansia (57).

"Dari 576 orang korban gigitan anjing, enam di antaranya menunjukan gejala khas rabies, gejala bukan rabies 81 orang, sedangkan yang belum ada gejala berjumlah 489 orang," tutur Ady. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga