Kenal di Facebook, Pemuda Ini Nekat Bawa Lari Gadis di Bawah Umur

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 30 Mei 2023
0 dilihat
Kenal di Facebook, Pemuda Ini Nekat Bawa Lari Gadis di Bawah Umur
Polsek Abuki berhasil mengamankan seorang pemuda yang membawa lari gadis di bawah umur Foto: Ist.

" Seorang gadis berinisial FJ (14), warga Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, yang dilaporkan hilang oleh keluarganya, akhirnya ditemukan "

KONAWE, TELISIK.ID - Seorang gadis belia berinisial FJ (14), warga Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, yang dilaporkan hilang oleh keluarganya, akhirnya ditemukan.

FJ (14) ditemukan di sebuah kos-kosan di wilayah Kelurahan Padaleu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Minggu (28/5/2023) sekira pukul 22.00 Wita.

Kapolsek Abuki, Iptu Yusran saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut.

“Iya sudah ditemukan, kami dalam perjalanan dari Kendari menuju Polsek Abuki,” terang Iptu Yusran.

Kapolsek Abuki menjelaskan, korban FJ (14) dibawa lari oleh seorang pemuda bernama Andre (19) yang korban kenal melalui aplikasi pertemanan Facebook.

Lanjut Kapolsek, saat berkomunikasi melalui Facebook, pelaku Andre mengajak korban FJ untuk jalan-jalan, sehingga pada hari kejadian, Kamis (25/5/2023), pelaku Andre nekat berangkat dari Kendari ke Abuki untuk menjemput FJ.

Baca Juga: Bawa Lari Anak Gadis Orang, Driver Online Ditangkap Polisi

Setibanya di Abuki, sekira pukul 00.00 Wita, FJ keluar dari rumahnya melalui jendela kamar untuk bertemu dengan Andre.

“Kemudian pelaku membawa korban ke Kendari, hingga akhirnya dilaporkan hilang oleh orang tuanya,” ungkap Kapolsek Abuki.

Saat ini pelaku dan korban telah diamankan. Sesuai pasal 81 ayat 1, pelaku Andre terancam dipidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun, dengan denda Rp 5 miliar.

Untuk proses penyidikan lebih lanjut, pelaku dan korban dijemput di Polsek Poasia dan dibawa ke Mapolsek Abuki.

Kapolsek Abuki menegaskan bahwa kasus ini menjadi peringatan bagi semua orang tua dan remaja mengenai risiko yang dapat terjadi ketika berinteraksi dengan orang yang dikenal melalui media sosial.

“Pemuda ini mengajak korban jalan-jalan melalui Facebook, yang kemudian disambut oleh korban. Hal ini mengingatkan kita akan pentingnya mengawasi dan mengedukasi anak-anak tentang bahaya yang mungkin terjadi ketika berkomunikasi dengan orang asing melalui platform online,” ungkapnya.

Baca Juga: Dua Pemuda Ditangkap Bawa Lari Uang Warga Lewat Modus Pinjaman Online

Kasus ini menjadi perhatian serius bagi masyarakat dan pihak berwenang. Penegakan hukum akan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk melindungi hak dan keselamatan anak-anak.

Di tempat berbeda, orang tua korban, Herman, mengaku sangat bersyukur anaknya bisa ditemukan.

“Alhamdulillah selaku orang tua FJ saya sangat bersyukur karena berkat kerja sama keluarga, Polsek Abuki dan Polda Sultra melalui pelacakan GPS malam ini membuahkan hasil. Saya juga berterima kasih kepada pihak Polsek Poasia yang telah hadir tepat waktu dalam proses penggerebekan pelaku,” tutur orang tua korban, Herman. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga