Kendari Potensi Tinggi Alami Pergerakan Tanah

Wa Ode Umratul Khazanah, telisik indonesia
Selasa, 08 Februari 2022
0 dilihat
Kendari Potensi Tinggi Alami Pergerakan Tanah
Ilustrasi tanah longsor, foto: repro tirto.id

" Kepala BMKG mengimbau masyarakat agar senantiasa bersiap siaga terhadap fenomena ini "

KENDARI, TELISIK. ID - Hampir seluruh wilayah Kota Kendari berpotensi tinggi alami pergerakan tanah atau longsor pada Februari 2022.

Hal ini dapat terjadi jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan langsung dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan, atau jika lereng mengalami gangguan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI, dan dibenarkan langsung oleh Kepala Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Kendari, Rudin, Selasa (08/02/22).

Adapun beberapa kecamatan yang berpotensi tinggi alami pergerakan tanah adalah Kecamatan Abeli, Baruga, Kadia, Kambu, Mandonga, Poasia, Puuwatu dan Kecamatan Wua-Wua.

Baca Juga: Besok, Anjungan Teluk Kendari Diresmikan

Baca Juga: Bicara Transformasi Energi di HUT ke-2 JMSI, Erick Thohir: Indonesia Harus Jadi Produsen Energi Hijau

Hal ini kemudian menjadi peringatan bagi masyarakat Kota Kendari, agar dapat membaca dan memahami cuaca alam, dan mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal.

Untuk itu, Kepala BMKG mengimbau masyarakat agar senantiasa bersiap siaga terhadap fenomena ini, terutama bagi masyarakat yang bermukim di lereng dan perbukitan.

"Ketika sudah terjadi hujan lebat, harus siaga terutama yang bermukim di lereng dan perbukitan, agar terhindar dari segala yangg tidak diinginkan" kata Rudin. (C)

Reporter: Umratul Khazanah

Editor: Kardin

Baca Juga