KEPPMI Bukan Wadah Politik

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 27 Februari 2023
0 dilihat
KEPPMI Bukan Wadah Politik
Pj Bupati Muna Barat tekankan, pembentukan KEPPMI bukan sebagai wadah perhelatan politik 2024. Foto: Ist.

" Pembentukkan KEPPMI hanya sebagai wadah solidaritas pemuda dan mahasiswa Muna Barat dalam merawat kebersamaan untuk kemajuan pembangunan daerah, tanpa ada unsur politik "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Kericuhan pada pemilihan Ketua Kerukunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indonesia (KEPPMI) Muna Barat, ditanggapi Pj Bupati Muna Barat, Bahri. Dia menekankan, KEPPMI bukan wadah perhelatan politik.

Diketahui, kongres perdana KEPPMI Muna Barat yang diselenggarakan di Hotel Athaya, Kota Kendari, berakhir ricuh, diduga karena ada sekelompok pemuda yang berorasi memaksa meminta kongres perdana tersebut dihentikan.

Salah satu peninjau KEPPMI Muna Barat perwakilan Komisariat Mahasiwa (Kosma) Kecamatan Lawa, Arman mengatakan, sekelompok pemuda datang berorasi meminta kongres KEPPMI Muna Barat segera dihentikan, sehingga keadaan menjadi tidak kondusif.

"Mereka minta hentikan sebab diduga di KEPPMI Muna Barat ada kepentingan politik," ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, pembentukkan KEPPMI hanya sebagai wadah solidaritas pemuda dan mahasiswa Muna Barat dalam merawat kebersamaan untuk kemajuan pembangunan daerah, tanpa ada unsur lain, apalagi kepentingan politik.

Baca Juga: Kongres Pelajar dan Mahasiswa Muna Barat yang Dihadiri Pj Bupati Ricuh

"Mahasiswa punya kebebasan akademik, dan tidak akan diseret untuk ikut politik, jadi ini hanya wadah yang pemda bentuk untuk memposisikan mahasiswa sebagai mitra strategis maupun mitra kritis," ungkap Bahri, Senin (27/2/2023).

Selanjutnya, sasaran pembentukan KEPPMI Muna Barat juga bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia serta peran pemuda dalam membawa perubahan di tengah perkembangan teknologi sebagai wadah pembinaan pemerintah daerah.

Baca Juga: Umroh Gratis Bagi Pemenang STQ Muna

Pembentukan wadah pelajar dan mahasiswa ini sasarannya juga akan diberikan beasiswa dan asrama yang bersumber dari APBD.

"Tunjukkan bahwa mahasiswa Muna Barat ada, jangan kedepankan kepentingan pribadi di atas kepentingan ini, saya tekankan ini bukan wadah perhelatan politik di 2024," pungkasnya.

Ia menambahkan, pembentukan wadah tersebut dilakukan dengan mempedomani UUD, dimana ada peran Pemda Muna Barat dalam meningkatkan SDM, untuk itu ia meminta jangan mudah terpancing dan gampang dipengaruhi oleh orang tertentu. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga