Kerap Muncul di Permukaan, Warga Muna Barat Tangkap Seekor Buaya Besar

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 02 Juli 2024
0 dilihat
Kerap Muncul di Permukaan, Warga Muna Barat Tangkap Seekor Buaya Besar
Buaya besar yang berhasil dijerat oleh warga Desa Lemoambo, Kecamatan Kusambi, Muna Barat. Foto: Ist.

" Sejumlah warga berhasil menangkap buaya berukuran besar di sungai Desa Lemoambo, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sejumlah warga berhasil menangkap buaya berukuran besar di sungai Desa Lemoambo, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat.

Menurut salah seorang warga setempat, buaya yang diperkirakan berukuran panjang 3,5 meter itu pertama kali terlihat oleh sejumlah warga pada sore hari, saat itu buaya sedang berjemur di tepi sungai.

Untuk itu, warga berinisiatif memasang jerat di tempat yang sering dilalui buaya. Jerat itu dipasang menggunakan ayam sebagai umpan. Sekira pukul 18.00 Wita, Senin (1/7/2024), buaya itu terjebak dalam jeratan.

Proses penangkapan buaya ini tidak hanya menunjukkan keberanian warga setempat, tetapi juga kerja sama yang solid dalam menghadapi situasi yang berpotensi membahayakan. Pihak kepolisian segera merespons dan tiba di tempat kejadian untuk membantu penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Dijenguk Pj Bupati, Korban Terkaman Buaya di Muna Barat Dijamin BPJS Kesehatan

"Kami sepenuhnya menyerahkan penanganan lanjutan kepada pihak kepolisian," ungkap seorang warga, La Malu.

Penangkapan ini juga menyoroti pentingnya kewaspadaan masyarakat terhadap keberadaan satwa liar yang dapat mengancam keselamatan warga.

Baca Juga: Diterkam saat Mandi di Sungai, Warga Muna Barat Tarung Melawan Buaya

Buaya yang berhasil ditangkap ini kemungkinan besar akan ditinjau lebih lanjut oleh ahli untuk penanganan dan pemindahannya ke habitat yang lebih aman. Untuk menjaga keseimbangan ekosistem sungai dan keselamatan masyarakat sekitar.

Sementara itu, seorang warga, La Aco mengatakan bahwa buaya sering bermunculan di sekitar area sungai, bahkan buaya itu sering kali berjemur di belakang kantor BPMD Muna Barat.

"Sering kita lihat buaya berjemur, apalagi di kantor BPMD dikira biawak ternyata anak buaya," ujarnya, Selasa (2/7/2024). (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga