Dijenguk Pj Bupati, Korban Terkaman Buaya di Muna Barat Dijamin BPJS Kesehatan

Erni Yanti, telisik indonesia
Kamis, 04 April 2024
0 dilihat
Dijenguk Pj Bupati, Korban Terkaman Buaya di Muna Barat Dijamin BPJS Kesehatan
Pj Bupati Muna Barat saat menjenguk korban yang diterkam buaya di Sungai Laworo. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Seorang warga Desa Maperaha, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat yang diterkam buaya, dijamin BPJS Kesehatan oleh Pemerintah Kabupaten Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Seorang warga asal Desa Maperaha, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat yang diterkam buaya, dijamin BPJS Kesehatan oleh Pemerintah Kabupaten Muna Barat.

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, bersama sekda dan jajaran Pemda Muna Barat, menyempatkan menjenguk La Kanene di RSUD Muna Barat untuk memastikan keadaan korban usai bertarung melawan buaya di Sungai Laworo.

Menurut ahli bedah, dr Juan, kondisi pasien saat ini telah membaik setelah mengalami luka yang sangat serius. Olehnya itu, pasien saat ini telah dipindahkan ke ruang rawat.

"Memang kemarin lukanya sempat infeksi tapi sudah membaik. Tetapi kami tidak menjamin kekuatan ototnya kembali seperti semula," ujarnya.

Ia menjelaskan, luka pasien akibat diterkam buaya yakni pasien mengalami tungkai pecah sekitar 17 cm akibat gigitan buaya, tangan kiri mengalami putus saraf tetapi ia berharap sisa saraf dan otot mampu meng-cover.

Baca Juga: Nelayan di Muna Barat Alami Luka Serius Akibat Tergilis Mesin Roda Gila

Untuk biaya pengobatan La Kanene, ditanggung oleh BPJS Kesehatan, karena Pemerintah Daerah Muna Barat melalui program Universal Health Coverage (UHC), Pemda juga telah menjamin 100 persen BPJS untuk masyarakat.

"Kita jaminkan untuk penyembuhan total korban diterkam buaya," ujarnya, Kamis (4/4/2024).

Untuk diketahui, kejadian nahas menimpa La Kanene pada Sabtu (30/3/2024) pukul 17.00, La Kanene usai dari kebunnya, singgah mandi di sungai. Saat mandi, dia diterkam buaya dari arah belakang.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Pastikan Kuota Sembako di Pasar Murah Tepat Sasaran

"Awalnya saya tidak tahu, terus di atas langit itu ada burung seperti beritahukan kalau ada buaya di belakangku," ungkap La Kanene.

Saat diserang oleh buaya, La Kanene berusaha menyerang balik dengan menusuk leher buaya menggunakan badik yang menempel di pinggangnya, namun buaya tetap menyerang bahkan menyeretnya masuk kembali ke dalam air.

Kemudian, saat ia akan mencolok mata buaya, ternyata salah sasaran, tangannya mengenai mulut buaya dan pertarungan dengan buaya terus dilanjutkan hingga buaya itu pergi, dan La Kanene dilarikan ke rumah sakit. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga