Kesbangpol Konawe Tekankan Jaga Ketahanan Ekonomi Sosial dan Budaya Jelang Pemilu 2024

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 12 Juni 2023
0 dilihat
Kesbangpol Konawe Tekankan Jaga Ketahanan Ekonomi Sosial dan Budaya Jelang Pemilu 2024
Sosialisasi ketahanan ekonomi, sosial dan budaya oleh Kesbangpol Konawe jelang Pemilu 2024. Foto: Ist.

" Guna mengangkat ketahanan ekonomi, sosial dan budaya serta memperkuat integritas daerah menuju Pemilu 2024, Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Konawe gelar sosialisasi "

KONAWE, TELISIK.ID - Guna mengangkat ketahanan ekonomi, sosial dan budaya serta memperkuat integritas daerah menuju Pemilu 2024, Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Konawe gelar sosialisasi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kesbangpol Konawe, Teri Indria mengatakan, kesenjangan ekonomi dapat menjadi pemicu munculnya konflik sosial di masyarakat.

"Untuk itulah, ketahanan ekonomi, sosial, dan budaya layak menjadi bahan pembelajaran di masyarakat," ujarnya, Senin (12/6/2023).

Ia menambahkan, kegiatan itu juga bertujuan agar masyarakat dapat mengantisipasi krisis, mengubah kesulitan dan permasalahan di masyarakat menjadi peluang yang nantinya dapat membangun masyarakat menjadi maju, mandiri dan lebih baik.

Baca Juga: UPTD Labkesda Kabupaten Konawe Minta Regensi Pemeriksaan Air dan Makanan

Lanjut Teri Indria, kegiatan itu juga untuk memperkuat kondisi ekonomi, sosial dan budaya agar tetap terjaga dalam tahapan pemilu maupun pilkada serentak di tahun 2024.

"Untuk lembaga swadaya masyarakat (LSM), tokoh adat, tokoh budaya, serta siswa agar terus menjaga kondusifitas dalam menghadapi pemilu serentak nanti," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) untuk menjaga tetap netralitasnya di tahun politik ini.

"Regulasi tentang netralitas ASN itu jelas hukumannya, maka jangan coba main-main dengan itu," tambahnya.

Teri menambahkan, agar kondusifitas di Konawe tetap terjaga, serta konflik dalam pemilu maupun pilkada dapat dihindari.

Melansir dari kemendagri.go.id Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Nasional Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya.

Rakornas bertajuk “Sinergi Memantapkan Kerukunan Sosial Masyarakat dalam Mewujudkan Pemilu Damai, Aman dan Harmoni” tersebut akan berlangsung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/4/2023) lalu.

Rakornas itu bertujuan untuk memberikan kesepahaman bersama terhadap berbagai kebijakan dan upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah (Ptemda) dalam mengatasi potensi masalah sosial di tengah masyarakat.

Kegiatan itu untuk mendorong seluruh elemen bangsa bersinergi dalam memantapkan kerukunan masyarakat, terutama menciptakan suasana yang damai, aman, dan harmoni dalam menghadapi Pemilu 2024.

Baca Juga: Dugaan Penggelapan Dana, Mantan Kepala Terminal PT APN Konawe Dijemput Ditreskrimum Polda Sulawesi Tenggara di Bekasi

Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Kemendagri Bahtiar mengatakan, menghadapi Pemilu 2024, setiap elemen bangsa harus siap menyambut dan mengantisipasi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang mungkin akan terjadi.

Lanjut Bahtiar, dalam menjaga stabilitas ketahanan sosial merupakan salah satu unsur dalam ketahanan nasional. Menurutnya, dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara berpotensi menimbulkan berbagai permasalahan sosial.

“Permasalahan sosial kemasyarakatan mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, di mana dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara juga berdampak pada dinamika kehidupan sosial kemasyarakatan,” ujarnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga