Kios Darurat Wakuru Telan Anggaran Rp 1 Miliar, Pembangunannya Belum Tuntas

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 08 Januari 2022
0 dilihat
Kios Darurat Wakuru Telan Anggaran Rp 1 Miliar, Pembangunannya Belum Tuntas
Kios darurat Wakuru yang dibangun Disperdagin Muna. Foto : Sunaryo/Telisik

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna akhir tahun 2021 lalu membangun 80 kios darurat untuk merelokasi pedagang korban kebakaran "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna akhir tahun 2021 lalu membangun 80 kios darurat untuk merelokasi pedagang korban kebakaran di Pasar Wakuru, Kecamatan Tongkuno.

Pembangunan kios dengan ukuran 2x3 meter itu menelan anggaran sebesar Rp 1 miliar yang bersumber dari biaya tak terduga (BTT). Pekerjaan seharusnya tuntas pada 31 Desember 2021 lalu, namun sampai saat ini belum juga selesai.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdagin) Muna, La Ode Darmansyah yang dikonfirmasi mengatakan, pekerjaan pembangunan kios sementara berjalan. Keterlambatan disebabkan, sulitnya mendapatkan material timbunan.

"Pembangunannya sementara berjalan," kata Darmansyah, Sabtu (8/1/2022).

Darmansyah mengaku, bila pekerjaan itu sudah melewati waktu. Namun, karena sifatnya bencana, pembangunannya tidak bisa dihentikan. Kontraktor diberi tambahan waktu 15 hari untuk merampungkan 80 kios ditambah satu buah WC.

Baca Juga: Hadapi Porprov, Kajari Muna Prakarsai Pembangunan Kamar Ganti Lapangan Tenis

"Saya sudah cek, saat ini progresnya sudah 70 persen. Insya Allah hingga 15 Januari, bisa tuntas," terangnya.

Dengan adanya tambahan waktu itu, otomatis kontraktor dikenakan denda. Hal tersebut sebagaimana hasil konsultasinya pada Inspektorat dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra.

Baca Juga: Kebakaran Kantor Dinsos Kendari Berhasil Dipadamkan

"Denda tetap jalan," sebutnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga