Kisah Inspiratif: Anak Broken Home Rayhan Asal Kabupaten Kolaka Sukses Jadi TikTokers

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 30 Maret 2023
0 dilihat
Kisah Inspiratif: Anak Broken Home Rayhan Asal Kabupaten Kolaka Sukses Jadi TikTokers
Rayhan anak broken home tetapi tetap berprestasi di sekolah dan bekerja keras membantu orang tua, kini sukses menjadi TikTokers. Foto: Ist.

" Beberapa anak menjadi korban perpisahan kedua orang tuanya, seperti yang dialami Rayhan Ashabul Kahfi "

KENDARI, TELISIK.ID - Dibesarkan di keluarga broken home bukanlah hal yang mudah. Karena kesuksesan biasanya berawal dari keluarga. Cinta yang paling tulus pun datangnya dari keluarga.

Namun, beberapa anak menjadi korban dari perpisahan kedua orang tuanya, seperti yang dialami Rayhan Ashabul Kahfi. Orang tuanya berpisah sejak dia masih kecil.

Rayhan sampai harus tinggal di rumah orang lain sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan sering kali diberi makanan sisa, sampai akhirnya memutuskan untuk ikut ibu kandung dan ayah tirinya di Sinjai Sulawesi Selatan.

Saat bersama ibunya, Rayhan belajar banyak hal dan mulai mengerjakan kewajiban seorang muslim dengan salat 5 waktu. Kebahagiaan yang dirasakan Rayhan tidak bertahan lama. Dia dan keluarga kembali diberikan cobaan. Rumah yang mereka tinggali mengalami kebakaran hebat sampai seisi rumah hangus terbakar.

Setelah kejadian itu, Rayhan akhirnya kembali tinggal bersama ayah kandungnya namum hanya 2 tahun bertahan, ia memutuskan untuk ikut ibunya yang merantau ke Kolaka Sulawesi Tenggara. Di sana Rayhan sekolah sambil menjual nasi bakar buatan ibunya di sekolah dan ayah tirinya berjualan di pasar.

Baca Juga: Perjuangan Anak Pedagang Keliling Lulusan Terbaik Kebidanan

Sejak itu, Rayhan mulai menggali bakatnya. Mulai dari ikut lomba video, baca puisi, pidato, menyanyi dan menggambar. Dari lomba-lomba yang kerap diikuti, akhirnya Rayhan tertarik di dunia konten kreator TikTok hingga memutuskan untuk fokus mengurus akun TikToknya sambil sekolah.

Akun TikToknya bernama @eyang.rayhan kini sudah memiliki 108,8 ribu pengikut dan mendapatkan 2,1 juta like.

Walaupun saat ini sibuk membuat konten TikTok, Rayhan tetap mengedepankan pendidikan. Terlihat dari prestasinya di sekolah, ia sering mendapat juara kelas hingga juara umum.

Dengan akun TikTok yang ia miliki, saat ini Rayhan bisa mendapatkan penghasilan dari TikTok yang dapat membantu memenuhi kebutuhannya dan membantu orang tuanya. Tetapi, karena Rayhan masih berumur 17 Tahun, akun TikToknya belum bisa digunakan untuk live, menyematkan keranjang kuning ataupun mengaktifkan hadiah video.

Baca Juga: Sosok Syabda Perkasa Belawa, Pebulutangkis Meninggal Bersama Ibu di Tol Pemalang

"Alhamdulillah dari banyaknya followers saya di TikTok, saya bisa di-endors dan mendapatkan penghasilan sendiri. Ya walaupun belum bisa dibilang 100 persen dari TikTok karena ada hasil dari endors barang," ujar Rayhan, Kamis (30/3/2023).

Di akun TikTok Rayhan banyak pengikut yang selalu memberi dukungan dan semangat untuknya, seperti akun TikTok @meme-kata², "gw aja nangis lihat ceritanya, kak Rayhan selalu berjuang, semangat yaa," tulisnya di kolom komentar salah satu konten TikTok Rayhan.

Banyak yang memberi semangat dan tak sedikit juga yang memberi komentar kurang baik yang membuat Rayhan sedih dan kerap menangis, tetapi semua itu dijadikan Rayhan sebagai pelajaran agar tetap berjuang untuk dirinya dan keluarganya. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hassna

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga