Sosok Syabda Perkasa Belawa, Pebulutangkis Meninggal Bersama Ibu di Tol Pemalang

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Rabu, 22 Maret 2023
0 dilihat
Sosok Syabda Perkasa Belawa, Pebulutangkis Meninggal Bersama Ibu di Tol Pemalang
Syabda Perkasa Belawa atlet muda bulu tangkis Indonesia yang meninggal karena kecelakaan di Tol Pemalang. Foto: Repro Antara Foto

" Syabda Perkasa Belawa merupakan atlet bulutangkis muda Indonesia yang lahir pada 25 Januari 2001 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kabar duka datang dari dunia olahraga Indonesia. Salah satu pebulutangkis muda Indonesia, Syabda Perkasa Belawa, meninggal dalam kecelakaan pada Senin (20/3/2023). Berita ini awalnya disampaikan oleh mantan pebulutangkis Indonesia yang juga aktif di PB Djarum, Yuni Kartika.

“Telah meninggal dunia, Syabda Perkasa Belawa. Syabda meninggal dunia dalam perjalanan ke Sragen untuk berziarah karena neneknya meninggal dunia. Selamat jalan Syabda, you will be missed,” tulis Yuni Kartika, dilansir dari Tempo.co.

Kepergiannya meninggalkan duka bagi bulutangkis Indonesia. Pasalnya, atlet tunggal putra potensial itu sedianya sedang meniti karier di kancah internasional. Namanya juga sempat mencuri perhatian masyarakat Tanah Air setelah menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Korea Selatan di laga pamungkas Grup A Piala Thomas 2022.

Syabda sendiri merupakan atlet muda Indonesia yang lahir pada 25 Januari 2001, dirinya tertarik bermain bulutangkis setelah melihat ayahnya bermain bulutangkis di GOR bersama teman-temannya.

Karena sering melihat ayahnya bermain bulutangkis, Syabda mulai tertarik pada olahraga tersebut. Dia akhirnya mulai menekuni olahraga tepok bulu itu di usia enam tahun. Setelah itu, dia mulai meniti kariernya sebagai pebulutangkis dengan bergabung bersama klub Jaya Raya.

Baca Juga: Ini Profil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang Aksinya Selalu Viral di Medsos

Dikutip dari Detik.com, pada 2013, Syabda memutuskan keluar dan bergabung ke PB Djarum. Setelah lima tahun berlatih di klub bulutangkis itu, Syabda berhasil masuk ke Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur.

Semenjak bergabung bersama Pelatnas PBSI, Syabda berhasil meraih beberapa gelar juara untuk membuktikan prestasinya di usia muda. Gelar pertamanya adalah menjuarai Jakarta Junior International Series 2019 lalu. Saat itu, Syabda mengalahkan Christo Popov yang merupakan wakil Prancis dengan skor 21-14 dan 21-17.

Tidak sampai di situ, Syabda Perkasa Belawa juga berhasil menjuarai tiga edisi turnamen BWF International Challenge. Ketiga seri tersebut adalah Lithuania International 2022, Malaysia International 2022, dan Iran Fajr International 2023.

Berkat prestasi dan potensinya, tim pelatih PBSI kemudian membawanya menjadi bagian dari tim Piala Thomas 2022. Di turnamen itu, Syabda menjadi penentu kemenangan atas Korea Selatan saat tim bulutangkis putra Indonesia melakoni laga pamungkas fase grup. Kala itu, dia turun sebagai tunggal putra ketiga di partai kelima.

Baca Juga: Sosok Hugo Samir, Hafiz Al-Qur'an dengan Bakat Luar Biasa di Timnas U-20

Pada pertandingan tersebut, kedudukan Indonesia dan Korea Selatan imbang dengan skor 2-2. Dirinya yang tampil pada laga terakhir berhasil menaklukkan wakil Korea, Lee Yun Gyu dengan skor 21-14, 11-21, dan 21-16. Kemenangan Syabda membawa Indonesia melangkah ke babak perempatfinal Piala Thomas 2022.

Berkat berbagai prestasinya tersebut, BWF saat ini menempatkan nama Syabda di ranking ke-90 dunia untuk kategori tunggal putra.

Selamat jalan Syabda Perkasa Belawa. Terima kasih atas kontribusi dan sumbangsihmu untuk bulutangkis Indonesia. (C)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga