Kisah Mualaf Abanda Herman Usai Lihat Orang Salat

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 11 Agustus 2023
0 dilihat
Kisah Mualaf Abanda Herman Usai Lihat Orang Salat
Abanda Herman kerap melihat rekan timnya menunaikan ibadah salat. Ia merasa tergugah hingga akhirnya memutuskan untuk memeluk agama Islam. Foto: Republika.co.id

" Abanda Herman merupakan sosok yang cukup familiar bagi pencinta bola Liga Indonesia. Ia adalah bek asal Kamerun yang pernah membela sejumlah klub besar di Indonesia, salah satunya Persib Bandung "

KENDARI, TELISIK.ID - Abanda Herman merupakan sosok yang cukup familiar bagi pencinta bola Liga Indonesia. Ia adalah bek asal Kamerun yang pernah membela sejumlah klub besar di Indonesia, salah satunya Persib Bandung. 

Tinggalkan kampung halamannya di Yaounde, Kamerun, Abanda Herman lalui perjalanan panjang sejauh 10.637 Km untuk datang ke Indonesia pada 2004 silam. 

Klub pertama yang ia bela di Liga Indonesia adalah PSM Makassar. Semusim ini membela tim Juku Eja. Memainkan 30 pertandingan, pemain bernama Ahmad Herman Abanda itu mencetak 5 gol seperti dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id.

Baca Juga: Lee Eng Hui, Mualaf karena Yakin Tuhan Hanya Satu

Klub pertama yang ia bela di Liga Indonesia adalah PSM Makassar. Semusim ini membela tim Juku Eja. Memainkan 30 pertandingan, pemain bernama Ahmad Herman Abanda itu mencetak 5 gol. 

Ia lalu pindah ke Persija Jakarta pada musim 2006. Di klub Macan Kemayoran ini, Abanda Herman makin dikenal publik sepak bola Indonesia sebagai bek tangguh tanpa kenal kompromi. 

Tercatat, Abanda memainkan 112 laga dengan torehan 20 gol dalam 4 musim kebersamaannya. Puas membela Macan Kemayoran, Abanda kemudian pindah ke Persema Malang. Namun hanya setengah musim di Malang, Abanda kemudian pindah ke Persib Bandung.

Di Kota Bandung, hidayah datang menghampiri Abanda. Pada saat itu Abanda Herman kerap melihat rekan timnya menunaikan ibadah salat. Tidak hanya itu, Abanda juga merasa senang dengan ajaran Islam yang penuh kedamaian.

Baca Juga: Perjalanan Sinead O Connor Mualaf Sebelum Meninggal

Akibat hal tersebut, Abanda Herman kemudian tergugah dan mantap untuk memeluk agama Islam. Abanda Herman pun resmi mengucapkan dua kalimat syahadat di hadapan Ustadz Jujun Junaedi di Masjid Nurul Iman, Bandung pada 18 April 2013 silam seperti dikutip dari Okezone.com.

Momen itu juga disaksikan oleh pelatih dan petinggi Persib Bandung, yakni Djadjang Nurdjaman dan Umuh Muchtar. Kemudian setelah resmi menjadi mualaf, Abanda Herman kemudian juga merubah namanya menjadi Ahmad Abanda Herman.

Tidak lama setelah menjadi mualaf, Ahmad Abanda Herman kemudian memutuskan untuk meninggalkan Persib Bandung dan berlabuh ke Barito Putera. Tercatat sepanjang kebersamaannya bersama Maung Bandung, Abanda Herman telah tampil dalam 74 penampilan dengan torehan 9 gol. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga