Kominfo Buton Tengah Gandeng Telkom Indonesia Perkuat Digitalisasi Daerah

Mutarfin, telisik indonesia
Rabu, 13 Juli 2022
0 dilihat
Kominfo Buton Tengah Gandeng Telkom Indonesia Perkuat Digitalisasi Daerah
Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Buton Tengah, Laode Darmawan Hibali dalam suatu kegiatan. Foto: Ist.

" Dinas Kominfo secara aktif mendukung digitalisasi di berbagai sektor melalui penyediaan konektivitas, platform dan layanan digital "

BUTON TENGAH, TELISIK. ID - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Buton Tengah menggandeng PT Telkom Indonesia untuk mendorong terwujudnya digitalisasi pelaksanaan kerja pemerintah daerah.

Kapala Dinas Kominfo Buton Tengah, La Ode Darmawan Hibali mengatakan, Dinas Kominfo secara aktif mendukung digitalisasi di berbagai sektor melalui penyediaan konektivitas, platform dan layanan digital, salah satu wujud digitalisasi tersebut adalah di sektor pemerintahan.

"Terkait hal ini, Dinas Kominfo akan berusaha menfasilitasi agar digitalisasi bisa lebih maksimal lagi. Mengikuti instruksi pemerintah pusat terkait satu data dan Kominfo sebagai wali data, salah satu langkah Dinas Kominfo memulai dengan memastikan konektivitas jaringan agar maksimal," ucapnya, Rabu (13/7/2022).

Ia menambahkan, ketersediaan infrastruktur digital yang memadai menjadi kunci utama dalam pengembangan kota cerdas (smart city). Kunci utama dalam smart city adalah penyediaan infrastruktur digital sampai ke seluruh desa.

Hal ini, lanjut Darmawan, merupakan bagian dari transformasi digital, menjangkau seluruh pelosok tempat tinggal masyarakat di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Penumpang Membludak, Jadwal Feri Tampo-Torobulu Tidak Menentu

"Olehnya itu Dinas Kominfo akan menggandeng Telkom Indonesia sebagai mitra untuk bersama-sama menjaga stabilisasi konektivitas jaringan yang dibutuhkan," jelasnya.

Sementara itu, Acount Manager Telkom Indonesia Wilayah Sulawesi Tenggara, Abdul Karim mengungkapkan, terkait digitalisasi Telkom Indonesia wilayah Sulawesi Tenggara akan mensupport Dinas Kominfo melakukan langkah yang tepat.

Baca Juga: Tak Terlibat Penertiban Tanah Nanga Banda, Kejari Sebut Dokumen Pemda Juga Belum Pasti

"Saat ini Telkom Indonesia juga bekerja keras di antaranya menyukseskan digitalisasi satu data Indonesia," ujarnya.

Selain itu, kehadiran beragam solusi dan layanan digital milik Telkom merupakan wujud komitmen perusahaan untuk mendukung pemerintah dalam mempercepat digitalisasi ekosistem masyarakat Indonesia.

Selain itu, pemanfaatan teknologi informasi komunikasi yang cerdas banyak membawa dampak positif, salah satu langkah menghasilkan kota yang cerdas. Guna menghasilkan enam aspek smart city, yaitu smart governance atau pemerintahan digital yang cerdas, smart infrastructure, smart economy, smart living, smart people, dan smart environtment. (B-Adv)

Reporter: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga