APDESI Muna Komit Bagun Desa dan Daerah

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 18 Oktober 2023
0 dilihat
APDESI Muna Komit Bagun Desa dan Daerah
Bupati Muna, LM Rusman Emba bersama Wabup, Bachrun Labuta dan pengurus DPC APDESI Muna. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kepengurusan DPC Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Muna resmi dikukuhkan oleh Ketua DPD APDESI Sulawesi Tenggara, La Ode Alwi Haidatul "

MUNA, TELISIK.ID - Kepengurusan DPC Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Muna resmi dikukuhkan oleh Ketua DPD APDESI Sulawesi Tenggara, La Ode Alwi Haidatul, Rabu (18/10/2023).

Kepala Desa (Kades) Napalakura, Kecamatan Napabalano, Sunarti dipercaya memimpin organisasi yang menaungi para kades dan perangkatnya di periode 2023-2028.

Ketua DPD APDESI Sulawesi Tenggara, La Ode Alwi Haidatul menerangkan, organisasi yang dipimpinnya itu jelas dan diakui hingga di pusat. Betapa tidak, dewan pembinanya adalah Jenderal TNI Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Titto Karnavian, Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Baca Juga: Lagi, Seorang Warga Muna Barat jadi Korban KKB di Papua Pegunungan

"Jadi semua permasalah yang dihadapi kades dan perangkatnya akan tersalurkan dengan baik di pusat," kata Alwi.

Ia menekankan pada pengurus DPC APDESI Muna, agar selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda). Begitu pula Pemda diharapkan memberikan kebebasan pada kades dan perangkatnya untuk berekspresi dalam melaksanakan kegiatan di desa.

"Kades dan perangkat harus bekerja dengan baik dengan mengutamakan keterbukaan, sehingga pemda dapat melindungi dari aparat penegak hukum," ujarnya.

Ketua DPC APDESI Muna, Sunarti mengaku, mendapat mandat sebagai ketua dari DPP pada 17 Juli lalu. Ia dilantik di Kendari dan disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas, para kepala daerah dan Kadis PMD se-Sulawesi Tenggara.

"Kepemimpinan saya ini sah," tegasnya.

Dengan telah dikukuhkannya kepengurusan organisasinya, maka ia berkomitmen akan menjalankan visi misi membangun desa dan daerah. Ia sadari, para kades berada di bawah naungan Pemda. Jadi, sudah menjadi tanggingjawab untuk melaksanakan program-program yang dapat memajukan desa dan daerah.

"Saya berharap pengurus APDESI dapat menjaga marwah pemda dan terus kompak serta harmonis, sehingga dapat memberi kontribusi positif bagi kemajuan desa dan daerah," ujarnya.

Sebagai ketua, ia juga menyampaikan dukungan penambahan masa jabatan kades 9 tahun. Hal itu, ia buktikan dengan menandatangi petisi saat Rakernas di Jambi.

Baca Juga: Buaya 4 Meter Terkam Warga Kolaka Timur Termasuk Hewan Dilindungi

"Kami DPC APDESI Muna mendukung masa jabatan kades 9 tahun," tegasnya.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba telah mengetahui masih ada beberapa kades yang belum mau bergabung di kepengurusan APDESI Muna yang dikarenakan tidak diakuinya Sunarti sebagai ketua. Menurutnya, hal itu biasa dalam organisasi, pasti ada yang suka dan tidak. Nah, dari situ menjadi tantangan bagi ketua agar melakukan konsolidasi.

"Biasalah itu (ada yang suka dan tidak). Jadi, saya harapkan ketua APDESI harus bijak dan adil. Jangan jadikan organisasi ini sebagai sumber perpecahan," terangnya.

Mantan senator DPD RI itu menyampaikan apresiasi terhadap komitmen APDESI yang mau bersama-sama membangun dan memajukan daerah. Ia menitip pesan, agar program-program yang dilaksanakan di desa menggunakan Dana Desa (DD) dikoordinasikan di Pemda, sehingga nanti tidak terjadi tumpang tindih. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga