Konawe Diterjang Banjir, Aktivitas Masyarakat Terhenti

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 01 Agustus 2022
0 dilihat
Konawe Diterjang Banjir, Aktivitas Masyarakat Terhenti
Nampak kondisi banjir di Desa Anggoro, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe, warga pun tak bisa beraktifitas. Foto: Ist.

" Intensitas curah hujan tinggi beberapa hari belakangan mengakibatkan adanya bencana alam banjir di beberapa wilayah, salah satunya di Desa Anggoro, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Intensitas curah hujan tinggi beberapa hari belakangan mengakibatkan adanya bencana alam banjir di beberapa wilayah, salah satunya di Desa Anggoro, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe.

Seperti disampaikan Kepala Desa (Kades) Anggoro, Ruslan, penyebab kebanjiran itu akibat curah hujan yang sering terjadi beberapa hari terakhir, hal itu mengakibatkan tanggul jebol karena tidak mampu menahan debit air yang terus bertambah.

"Dari pernyataan warga, waktu banjir itu tadi malam sekitar jam 12," kata Ruslan, Senin (1/8/2022).

Lebih lanjut, Ruslan mengatakan, sekitar 30 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir, besaran kerugian yang menimpa warganya atas musibah tersebut diperkirakan jumlahnya banyak.

"Karena yang ikut terendam itu persawahan, pupuk dan juga kendaraan warga, karena tinggi genangan air sekitar 50 hingga 80 cm," paparnya.

Baca Juga: Kartu KIS Nonaktif, Dinsos Konawe Imbau Segera Lakukan Re-aktivasi

Bahkan aktivitas sekolah juga ikut terhenti akibat jalan yang sering digunakan para pelajar juga ikut terendam, sehingga pihaknya terpaksa menghentikan aktifitas sekolah hingga kondisi air surut nanti.

"Saat ini warga yang terdampak banjir tidak mengungsi, karena rata-rata pemukiman mereka itu rumah panggung jadi air tidak masuk dalam rumah," jelasnya.

Ia juga menambahkan, hingga saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe dalam hal ini Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) agar segara ditindaklanjuti.

"Saya sudah hubungi, tinggal menunggu saja informasi dari mereka," tuturnya.

Baca Juga: 13 Daerah Konawe Masuk Ketegori Kemiskinan Ekstrem, Begini Tanggapan Sekda Konawe

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Logistik dan Kedaruratan BPBD Konawe, Samsul mengungkapkan, laporan atas bencana banjir yang menimpa Desa Anggoro itu telah diterima dan pihaknya segera menindaklanjuti laporan tersebut.

"Kami akan melakukan asesment di lapangan, saya sudah koordinasi juga dengan pimpinan," singkatnya. (B-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga