Korban Tewas di Palestina Tembus 9.488 Orang

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 06 November 2023
0 dilihat
Korban Tewas di Palestina Tembus 9.488 Orang
Pengeboman masih terus dilakukan oleh Israel pada warga sipil di Palestina. Sebanyak 15 orang tewas dalam serangan di sebuah sekolah di kamp pengungsi Jabalia. Foto: Repro Aljazeera.com

" Korban tewas atas serangan Israel di Jalur Gaza mencapai 9.488 orang dan ada 2.040 warga Palestina yang ditahan oleh tentara Israel "

GAZA, TELISIK.ID - Pengeboman masih terus dilakukan oleh Israel pada warga sipil di Palestina. Sebanyak 15 orang tewas dalam serangan di sebuah sekolah di kamp pengungsi Jabalia. Kantor berita resmi Palestina WAFA mengatakan, puluhan warga tewas itu mayoritas terdiri dari wanita dan anak-anak.

Dikutip dari Detik.com, korban tewas atas serangan Israel di Jalur Gaza mencapai 9.488 orang. Sementara itu disebutkan bahwa ada 2.040 warga Palestina yang ditahan oleh tentara Israel.

Masyarakat di sana benar-benar menghadapi kesulitan besar dalam hal pernafasan. Mereka hanya memohon untuk menghentikan serangan yang tak henti-hentinya, mereka tidak mampu lagi mengatasi situasi yang terjadi di sana. Tidak ada air, tidak ada makanan, tidak ada persediaan medis selama lebih dari tiga minggu.

Pembunuhan “tanpa pandang bulu” yang dilakukan Israel terhadap warga sipil di Gaza tidak dapat diterima, kata Senator AS Bernie Sanders, seraya menggambarkan situasi tersebut sebagai salah satu momen paling mengerikan dalam sejarah modern.

Baca Juga: UNICEF: Gaza jadi Kuburan Massal Anak-Anak Palestina, Korban Tewas Tembus 9.061

“Israel mempunyai hak untuk membela diri. Saya rasa tidak ada seorang pun yang tidak setuju dengan hal itu. Namun apa yang mereka lakukan sekarang dengan cara yang tidak pandang bulu – mengebom kamp pengungsi, mengebom ambulans, membunuh ribuan pria, wanita dan anak-anak tak berdosa yang melanggar hukum internasional – sama sekali tidak bisa diterima. Ini harus dihentikan,” tuturnya dikutip dari Aljazeera.com.

Dia mencatat bahwa AS memberikan $3,8 miliar setiap tahun kepada Israel. AS merupakan sponsor terbesar di Israel bahkan sejak tahun 1961, AS secara konsisten menjadi pemasok senjata utama kepada Israel.

Baca Juga: 3 Kelompok Militan Timur Tengah yang Ikut Bantu Palestina

Menurut Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), dalam periode 2009-2020 lebih dari 70 persen senjata yang dibeli oleh Israel didatangkan dari Amerika Serikat.

Menurut laporan CAAT, beberapa perusahaan swasta AS yang terlibat dalam pasokan senjata ke Israel meliputi Lockheed Martin, Boeing, Northrop Grumman, General Dynamics, Ametek, UTC Aerospace, dan Raytheon. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga