Potensi VCO Akan Dikembangkan untuk Peningkatan Kesejahteraan UMKM Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 29 Mei 2024
0 dilihat
Potensi VCO Akan Dikembangkan untuk Peningkatan Kesejahteraan UMKM Muna Barat
Penyuluhan kantor pertanahan Muna Barat melirik Virgin Coconut Oil (VCO) dalam meningkatkan kesejahteraan UMKM. Foto: Ist.

" Potensi Virgin Coconut Oil (VCO) di Muna Barat sangat besar. Hal ini mendorong Kantor pertanahan Muna Barat untuk pemberdayaan dan peningkatan UMKM masyarakat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Potensi Virgin Coconut Oil (VCO) di Muna Barat sangat besar. Hal ini mendorong Kantor pertanahan Muna Barat untuk pemberdayaan dan peningkatan UMKM masyarakat.

Menurut Kepala seksi Penataan dan Pemberdayaan Kantor Pertanahan Muna Barat, Irham, dalam penanganan akses reforma agraria Tahun 2024, pihaknya melirik potensi pengembangan usaha VCO.

Sehingga di Muna Barat bukan hanya kain tenun yang ada di Desa Umba dan Lahaji yang akan dikembangkan, melainkan juga pihaknya akan mengembangkan usaha UMKM yang bergerak pada VCO di Desa Wanseriwu dan Langku-Langku, Kecamatan Tiworo Utara.

VCO ini memiliki peluang yang sangat besar untuk peningkatan perekonomian, sebab kebutuhan minyak kelapa ini untuk pasar luar negeri terus meningkat.

Baca Juga: Jalan Kerap Dilanda Banjir, Siswa di Muna Barat Kesulitan ke Sekolah

Menurutnya, potensi VCO di Kabupaten Muna Barat cukup besar. Namun selama ini hanya memenuhi kebutuhan masyarakat saja. Untuk itu, permintaan pasar luar negeri berpeluang besar yang sudah berada di depan mata harus dimanfaatkan dengan maksimal.

"Kami terus mendorong pemberdayaan dan peningkatan UMKM kepada masyarakat agar kesejahteraan meningkat," ungkapnya, Rabu (29/5/2024).

Sementara itu, Kepala kordinator rumah BUMN Muna Barat, Aldirsas mengatakan bahwa dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui usaha UMKM, pihaknya akan memfasilitasi dalam pembentukan izin usaha, sertifikat halal hingga pemasaran.

Baca Juga: Kembali Raih Opini WTP, Pemda Muna Barat Pertahankan Selama 8 Tahun

"Kami akan bantu terbitkan izin usahanya. Warga tinggal kumpul KTP dan harus punya usaha," ujarnya.

Terlebih dalam pengembangan produk VCO di Muna Barat sangat besar, yang mana potensi kelapa saat ini hanya digunakan untuk konsumsi dan sebagian dijual di pasar dengan harga yang murah.

Tetapi, jika kelapa tersebut diproduksi menjadi VCO maka dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat apalagi pasaran produk VCO bisa mencapai luar negeri.

Selanjutnya, pihaknya akan mendorong agar kelapa yang ada di dua tersebut dapat memiliki nilai dan ekonomi yang tinggi. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga