Wakili Konawe Selatan di Tingkat Provinsi, Desa Tambosupa Terus Berbenah

Ashar Hamka, telisik indonesia
Minggu, 19 Juni 2022
0 dilihat
Wakili Konawe Selatan di Tingkat Provinsi, Desa Tambosupa Terus Berbenah
Bupati Konawe Selatan saat meninjau persiapan Desa Tambosupa, Kecamatan Moramo, yang mewakili Kabupaten Konawe Selatan di lomba kelurahan/desa tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Ashar Hamka/Telisik

" Desa Tambosupa merupakan desa yang terpilih mewakil Kabupaten Konawe Selatan dalam ajang lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022 "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Desa Tambosupa, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, tengah bersolek. Barisan pagar rumah-rumah warga di sepanjang jalan desa dicat warna-warni.

Tak hanya itu, spanduk berukuran kecil bertuliskan GSI, Gerakan Sayang Ibu, plus bendera merah putih dan umbul-umbul terpasang rapi, berjejer di depan halaman rumah warga. Kantor kepala desa pun disulap menjadi lebih bersih, lebih indah dan rapi.

Minggu (12/6/2022) pekan lalu, Bupati Konawe Selatan H. Surunuddin Dangga beserta Pj Sekda Hj. Siti Chadijah beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah, menyambangi Desa Tambosupa untuk melakukan inspeksi mendadak.

Perubahan signifikan di desa tersebut dikarenakan Desa Tambosupa merupakan desa yang terpilih mewakil Kabupaten Konawe Selatan dalam ajang lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022.

Dalam inspeksi tersebut, orang nomor satu di Konawe Selatan ini menyampaikan beberapa masukan, perubahan di sejumlah area. Utamanya yang menjadi lokasi penilaian lomba.

Baca Juga: Program PEN Mulai Berjalan, DAU Muna Terpotong Bayar Bunga dan Pokok Pinjaman

“Target lomba jelas hasil yang terbaik. Untuk itu, kita harus berbenah. Kita masih punya waktu beberapa minggu lagi. Titik-titik yang menjadi penilaian agar terus dijaga kerapian dan kebersihannya,“ ujar Surunuddin Dangga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Annas Mas’ud memaparkan, jika tak ada aral melintang, penilaian lomba desa tingkat provinsi akan dilaksanakan pada Selasa, 5 Juli 2022.

Di mana, Permendagri No. 81 th 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan merupakan dasar dari kriteria penilaian.

“Tentunya kami secara teknis sangat berterima kasih atas kunjungan Pak Bupati untuk melihat persiapan menghadapi hari penilaian. Ini memberi suntikan semangat kepada pemerintah desa dan masyarakat Desa Tambosupa untuk menjaga semangat gotong royong dalam menghadapi penilaian lomba desa ini,“ ungkap Annas.

Baca Juga: Sejumlah Desa di Buton Dilanda Banjir, Diduga Akibat Marak Perambahan Hutan

Mantan Kadis Kominfo ini menjelaskan, sejatinya, dengan segala persiapan teknis maupun sarana penunjang, pihaknya sudah sangat siap. Dengan berharap penilaian perlombaan desa tahun ini Desa Tambosupa mendapatkan penilaian terbaik.

Mengingat sejumlah kelebihan Desa Tambosupa yaitu sarana pemerintahan dan penunjang lengkap, pengelolaan administrasi cukup baik dan sudah mulai memperlihatkan sebagai desa digital dengan adanya ketersediaan website desa dan internet di desa.

“Dipilihnya Desa Tambosupa sesuai dengan hasil penilaian lomba desa/kelurahan tingkat kabupaten yang dilaksanakan pada bulan April lalu. Di mana dengan mengacu Permendagri, hasil rekapitulasi penilaian memperlihatkan Desa Tambosupa mendapatkan nilai tertinggi yaitu 440 poin,“ tegas Annas Mas’ud. (B)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga