KPU Muna Barat Simulasi Perhitungan Suara dan Penggunaan Aplikasi Sirekap

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 24 Desember 2023
0 dilihat
KPU Muna Barat Simulasi Perhitungan Suara dan Penggunaan Aplikasi Sirekap
Simulasi perhitungan suara dan penggunaan aplikasi Sirekap oleh KPU Muna Barat. Foto: Ist.

" Hadapi Pemilu 2024, KPU Muna Barat simulasi pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap di pelataran kantor Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa, Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Hadapi Pemilu 2024, KPU Muna Barat simulasi pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap di pelataran kantor Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa, Muna Barat.

Peserta simulasi tersebut diikuti oleh Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa/kelurahan se-Muna Barat serta melibatkan masyarakat setempat yang memiliki hak pilih.

Dalam simulasi tersebut, KPU Muna Barat mengambil dua sampel dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berbeda, yakni TPS Desa Watumela dan TPS Kelurahan Wamelai.

Ketua KPU Muna Barat, La Tajudin mengatakan, sasaran dalam simulasi tersebut ialah warga yang memiliki hak pilih supaya warga memahami tata cara dalam melakukan pemungutan suara di TPS ke depan.

Baca Juga: Bahri Tanggapi Isu Pergantian Pj Bupati Muna Barat

Peserta pemilu diperkenalkan tata cara memilih dan lima kertas suara mulai dari DPRD, DPR provinsi, DPR RI, DPD RI hingga presiden.

"Ini yang diperkenalkan kepada masyarakat atau peserta pemilu nantinya," ungkapnya, Minggu (24/12/2023).

Sementara itu, Kadiv Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Muna Barat, Akbar mengatakan, kegiatan tersebut juga memastikan simulasi mulai dari pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi hasil pemungutan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap Pemilu 2024.

Akbar katakan, aplikasi Sirekap tersebut baru digunakan pada Pemilu 2024, aplikasi ini juga dianggap bisa memudahkan tugas PPS dalam bekerja saat pemilu nanti. Kemudian, Sirekap website ini hanya bisa digunakan oleh penyelenggara yakni KPU dan PPK.

Baca Juga: Kejati Sulawesi Tenggara Didesak Panggil Kontraktor dan Kadinkes Muna Barat Soal Pembangunan Gedung Kesehatan

“Salah satu KPPS yang bertugas nanti di TPS tinggal di foto C- hasilnya dan langsung disubmit, kemudian langsung dikirim di aplikasi Sirekap,” jelasanya.

Untuk itu, dalam perekrutan KPPS sekarang, pihak KPU menginginkan untuk memahami digital dan mampu bekerja dengan profesional di TPS. Kemudian dalam menghadapi pemilu, KPU mengajak semua elemen termasuk masyarakat, untuk menyukseskan Pemilu 2024 secara jujur, adil dan berjalan aman dan lancar.

Pantauan jurnalis, para peserta baik pemilih pemula, pemilih distabilitas dan pemilih lainya yang masuk dalam DPT melakukan simulasi pemungutan suara di TPS yang sudah disiapkan pihak penyelenggara PPK Lawa yang ditunjuk langsung KPU Muna Barat.

Kegiatan simulasi terebut dipantau langsung Ketua Bawaslu Muna Barat, Panwascam Lawa, Ketua KIPP Muna Barat serta Babinsa Koramil Lawa. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga