KPU Nyatakan Tiga Bapaslon Presiden-Wakil Presiden Sehat Jasmani dan Rohani

Mustaqim, telisik indonesia
Jumat, 27 Oktober 2023
0 dilihat
KPU Nyatakan Tiga Bapaslon Presiden-Wakil Presiden Sehat Jasmani dan Rohani
Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letjen TNI dr Albertus Budi Sulistya (tengah), dan Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari (kiri), menjawab pertanyaan wartawan usai penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan tiga bapaslon presiden-wakil presiden di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023). Foto: Mustaqim/Teli

" Hasil pemeriksaan kesehatan terhadap tiga bakal pasangan calon (bapaslon) presiden-wakil presiden diserahkan oleh tim dokter pemeriksa kepada KPU pada Jumat (27/10/2023) siang di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat "

JAKARTA, TELISIK.ID - Hasil pemeriksaan kesehatan terhadap tiga bakal pasangan calon (bapaslon) presiden-wakil presiden diserahkan oleh tim dokter pemeriksa kepada KPU pada Jumat (27/10/2023) siang di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Hasil pemeriksaan kesehatan diserahkan oleh Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Letjen TNI dr Albertus Budi Sulistya, kepada Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. Penyerahan disaksikan petugas penghubung (liasion officer/LO) masing-masing bapaslon.

Budi mengatakan, tim dokter, psikolog, dan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) terdiri dari orang-orang yang profesional, berintegritas, dan jujur. Mereka telah melaksanakan seluruh tahapan pemeriksaan sejak 21 sampai 26 Oktober 2023.

Baca Juga: Daftar ke KPU Bareng Prabowo, Gibran Puasa Bicara Hingga Pulang

"Hasil sudah kami sampaikan ke KPU dan nanti KPU yang menyampaikan ke publik," kata Budi di kantor KPU RI, Jumat (27/10/2023).

Ditanya tentang salah satu calon yang terindikasi memiliki penyakit penyerta yakni stroke, Budi enggan menjelaskan secara detail. Dia hanya mengatakan akan berbicara sesuai fakta.

"Ya, kami percaya pada tim dokter yang memeriksa, jadi jangan termakan oleh hoaks," ujarnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter, psikolog, dan BNN, disimpulkan bahwa tiga bapaslon dinyatakan mampu secara jasmani dan rohani serta terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

Kesimpulan itu diperoleh dari rangkaian hasil pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang selanjutnya dibahas di dalam rapat pleno tim pemeriksa.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan oleh tim pemeriksa kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, ketiga bapaslon dinyatakan mampu secara jssmani dan rohani serta bebas penyalahgunaan narkoba," ungkap Hasyim.

Setelah menerima hasil pemeriksaan kesehatan ini, menurut Hasyim, KPU selanjutnya menuangkan ke dalam berita acara hasil pemeriksaan kesehatan.

"Berita acara ini berisi keterangan mampu atau tidak mampu untuk menjadi calon presiden atau calon wakil presiden dan tidak ada penyalahgunaan narkoba," jelas Hasyim.

Baca Juga: Dikabarkan Mundur dari Kabinet, Luhut Kirim Pesan Khusus ke Golkar

Anggota KPU yang membidangi Teknis Penyelengaraan Pemilu, Idham Kholik, dikonfirmasi oleh Telisik terkait pernyataan Hasyim yang mengatakan tiga bapaslon dinyatakan sehat sementara hasil pemeriksaan baru saja diserahkan, belum memberi jawaban.

Namun, sebelumnya Idham mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan ini melibatkan 69 orang, termasuk personalia pelayanan pemeriksaan.

"Komposisi tim dokter pemeriksa kesehatan terdiri dari Tim Pengarah, Tim Medicolegal, Tim Pelaksana, Tim Pemeriksa, dan Tim Pendukung," jelas Idham, Minggu (22/10/2023).

Tim pemeriksa kesehatan yang dibentuk, menurut Idham, merujuk pada Keputusan KPU Nomor 1387 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2024. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga