Kuatkan Program Merdeka Belajar, Mahasiswa PPG Prajabatan Tanam Mangrove

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 18 Juni 2023
0 dilihat
Kuatkan Program Merdeka Belajar, Mahasiswa PPG Prajabatan Tanam Mangrove
Mahasiswa PPG Prajabatan bersama peserta didik SMA di Kota Kendari melakukukan penanaman mangrove di Teluk Kendari. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan melakukan penanaman mangrove di pesisir Teluk Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK ID - Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan melakukan penanaman mangrove di pesisir Teluk Kota Kendari. Bekerja sama dengan beberapa lembaga dan SMA di Kota Kendari, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung program merdeka belajar.

Selain itu, meningkatkan pemahaman proyek kepemimpinan, dan memperkuat program kurikulum merdeka belajar yang mendorong anak didik agar dapat bereksplorasi seluas-luasnya dengan pembelajaran secara kontekstual.

Ketua Panitia, Naim mengungkapkan, kegian ini merupakan materi proyek kepemimpinan, dimana mahasiswa PPG sebagai perencana dengan tema pembelajaran sepanjang hayat, sehingga menjadi sasaran objek kegiatannya adalah siswa-siswi SMA.

"Karena tema yang kita usung itu tentang pembelajaran sepanjang hayat, maka saya sarankan objek penyelenggaranya itu siswa. Sekarang kita kenal kurikulum merdeka belajar, siswa tidak terkungkung dalam ruangan harus pembelajaran kontekstual," ungkap Naim, Minggu (18/6/2023).

Baca Juga: Gubernur dan Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara Kampanyekan Kurikulum Merdeka Belajar

Hal ini sesuai dengan tanggapan beberapa siswa yang sangat antusias mengikuti kegiatan penanaman mangrove, dimana mereka sudah mulai merasakan program merdeka belajar, sehingga mereka dapat belajar sekaligus berksplorasi dengan alam.

Sementara dosen pembimbing mahasiswa PPG Prajabatan Edy Karno mengatakan, kegiatan ini memiliki manfaat terhadap kelestarian alam dan mahasiswa dapat mengambil pelajaran untuk pengabdian pada peserta didik.

"Ini adalah kegiatan yang benar-benar diapresiasi dan memiliki manfaat bagi keberlanjutan habitat alam yang ada di sini. Untuk mahasiswa, sebagai bentuk pembelajaran terkait hubungannya dengan pengabdian," tuturnya.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Wujudkan Merdeka Belajar di Hardiknas

Hal ini sama dengan penyampaian pembimbing peserta didik SMA 1 Kendari, La Mindi, bahwa kegiatan yang didukung oleh air minum dalam kemasan LT ini, sangat positif untuk memacu peserta didik dalam memahami kehidupan berkelanjutan dan dapat menggerakkan semangat gotong royong.

"Kegiatan hari ini sangat positif karena dikurikulum merdeka kita harus akui bahwa kegiatan yang berkaitan dengan proyek dan menggerakan anak-anak itu selalu ada," ujarnya.

Dia menambahkan, peserta didik selalu dipacu untuk kreatif, mandiri, gotong royong, sekaligus tema-tema seperti penanaman pohon itu tidak lain mengajarkan kepada anak-anak untuk memahami pola hidup berkelanjutan. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga