Pemkab Kolaka Timur Wujudkan Merdeka Belajar di Hardiknas

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 04 Mei 2023
0 dilihat
Pemkab Kolaka Timur Wujudkan Merdeka Belajar di Hardiknas
Pemkab Kolaka Timur gelar upacara bendera memperingati hardiknas tahun 2023. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur menggelar upacara bendera dalam memperingati hari pendidikan nasional (hardiknas) di rujab bupati "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur menggelar upacara bendera dalam memperingati hari pendidikan nasional (hardiknas) di rujab bupati, Selasa (2/5/2023).

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis menyebutkan jika selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sektor pendidikan, mulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia.

Ia mengatakan, sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan, membawa semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara. Yaitu, pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

Baca Juga: Hardiknas, Refleksi Kemajuan Pendidikan di Konawe

“Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran merdeka yang dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri,” sebutnya.

Ia menjelaskan para kepala sekolah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Ia menyebut para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform merdeka mengajar.

"Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka," sebutnya.

Ia menerangkan sejalan dengan kurikulum merdeka belajar yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus untuk mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

“Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melalang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program kampus merdeka,” ujarnya.

Azis mengungkap pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

“Hari pendidikan nasional tahun ini merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil,” ungkapnya.

Azis juga mengatakan dengan merefleksikan hal-hal yang telah dilakukan selama ini, dapat merancang arah perjalanan ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan merdeka belajar.

“Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita,” tegasnya.

Azis mengajak agar terus dapat semarakkan hardiknas dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Baca Juga: Kejutan Guru Konawe Utara di Hardiknas, Dapat Motor hingga Laptop

Dilansir dari Kemendikbud.go.id terdapat beberapa pedoman dalam peringatan hardiknas tahun 2023 agar instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dapat menyelenggarakan aktivitas/kegiatan untuk memeriahkan hardiknas 2023 dan bulan merdeka belajar 2023 secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar, serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik.

Serta instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk menyelenggarakan upacara bendera dengan berpedoman pada ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.

Usai memimpin upacara, Bupati Kolaka Timur menyerahkan penghargaan Purnabakti kepada puluhan ASN, baik guru maupun pegawai lingkup Pemkab Kolaka Timur yang telah memasuki masa pensiun, atas dedikasinya selama mengabdi sebagai ASN di Pemda Kolaka Timur. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga