Kuliah Jurusan Sastra Inggris, Ini Penjelasan dan Prospek Kerjanya

Febriyani, telisik indonesia
Rabu, 07 Juni 2023
0 dilihat
Kuliah Jurusan Sastra Inggris, Ini Penjelasan dan Prospek Kerjanya
Jurusan sastra Inggris, merupakan program studi yang cukup tinggi peminatnya di Fakultas Ilmu Budaya UHO Kendari. Foto: Febriyani/ Telisik

" Jurusan sastra Inggris berbeda dengan jurusan pendidikan bahasa Inggris. Sastra Inggris merupakan program studi yang mempelajari bahasa Inggris dari sisi linguistik (kebahasaan ) dan literature (sastra) secara mendalam "

KENDARI, TELISIK.ID - Apakah di antara kalian tertarik untuk kuliah di jurusan sastra Inggris? Sebelum memilih jurusan sastra Inggris, ada beberapa hal yang harus diketahui.

Jurusan sastra Inggris berbeda dengan jurusan pendidikan bahasa Inggris. Sastra Inggris merupakan program studi yang mempelajari bahasa Inggris dari sisi linguistik (kebahasaan ) dan literature (sastra) secara mendalam.

Program studi sastra Inggris tidak hanya mempelajari tentang speaking (kemampuan berbicara dalam bahasa inggris), writing (menulis), listening (mendengar) dan reading (membaca), tetapi juga mempelajari tentang budaya dan bahasa itu sendiri.

Baca Juga: Pertama di Sulawesi Tenggara, Sekolah Ini Terima 150 Calon Siswa Taruna

Menurut Ketua Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Arman, program studi sastra Inggris mengedepankan pengetahuan tentang bahasa Inggris dari sisi linguistik dan sastra.

Program studi sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya UHO menjadi salah satu program studi yang banyak diminati. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya pendaftar tiap tahunya.

"Untuk program studi sastra Inggris merupakan program studi yang cukup tinggi peminatnya, tiap tahun kami menerima hampir seratus mahasiswa. Sedangkan yang mendaftar lebih dari itu," ungkapnya, Rabu (7/6/2023).

Di program studi sastra Inggris sangat menekankan untuk kemampuan komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Kemampuan membaca, memahami sebuah tulisan. Kemampuan berpikir terstruktur, kemampuan melakukan analisa dan keterampilan interpersonal.

Baca Juga: Tips Lolos Seleksi Berkas Beasiswa LPDP 2023

"Menjadi mahasiswa sastra Inggris itu menurut saya menyenangkan. Terlebih saya memang tertarik belajar tentang linguistik. Saat ini saya fokus di linguistik, hal yang paling berkesan itu, kami dapat belajar table menner, di mana itu pertama kalinya bagi saya makan ala fine dining," ungkap Fani sebagai salah satu mahasiswa sastra Inggris.

Dilansir dari laman resmi Fakultas Ilmu Budaya UHO, prospek lulusan sastra Inggris antara lain, sebagai akademisi, staf lembaga pemerintah/perusahaan swasta, Instruktur/pengajar bahasa Inggris, translator dan interpreter, jurnalis, wirausahawan (di bidang bahasa Inggris), staf bidang pariwisata, staf di perusahaan asing.

Itu tadi penjelasan tentang jurusan sastra Inggris UHO Kendari dan prospek kerjanya. Bagaimna tertarik utuk mengambil jurusan ini? Jangan sampai salah pilih jurusan gengs. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga