Peringati Hari Kartini, Siswa SMAN 1 Tiworo Tengah Kenakan Kebaya dan Baju Adat

Amsir, telisik indonesia
Kamis, 21 April 2022
0 dilihat
Peringati Hari Kartini, Siswa SMAN 1 Tiworo Tengah Kenakan Kebaya dan Baju Adat
Siswa SMAN 1 Tiworo Tengah memperingati Hari Kartini dengan berbagai pertunjukan. Foto: Amsir/Telisik

" Dengan peringatan Hari Kartini, diharapkan para pelajar dapat menghargai Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Guna memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Kamis ( 21/4/2022), siswi SMAN 1 Tiworo Tengah Kabupaten Muna Barat mengenakan kebaya di sekolah.

Kepala SMAN 1 Tiworo Tengah, La Badi, S.Pd  mengatakan, dengan peringatan Hari Kartini ini, diharapkan para pelajar dapat menghargai Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita.

"Diharapkan siswa dan siswi tidak hanya mengenal sosok Kartini dari buku, agar mereka lebih faham bagaimana sosok Kartini dalam memperjuangkan emansipasi perempuan," tutur La Badi, Kamis ( 21/4/2022).

La Badi mengatakan, penggunaan kebaya  ini merupakan ide dari dewan guru dan siswa. Selain untuk mengingat jasa Kartini, diharapkan dengan mengenakan kebaya dan batik, siswi dan siswa dapat lebih mencintai budaya Indonesia.

"Bukan hanya siswa dan siswi saja, tapi guru-guru di sini juga mengenakan pakaian tradisional Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Seluruh Kecamatan Kota Kendari Kini Miliki PAUD Negeri

Ketua OSIS SMAN 1 Tiworo Tengah, Nur Aisah mengatakan, memperingati hari R.A Kartini, digelar pula kegiatan teater dan silat Muna dengan menggunakan pakaian adat dan kebaya.

Sementara itu, siswa kelas XI SMAN 1 Tiworo Tengah, Kadek, mengaku senang dan menyambut positif penggunaan kebaya dan batik di sekolahnya. Dengan adanya peringatan Hari Kartini, Kadek  berharap para perempuan Indonesia dapat lebih menghargai dan mengenang jasa Kartini.

Baca Juga: Tahun Ini 276 Sekolah dan Madrasah se-Sultra Bakal Akreditasi

"Kita ingin menunjukkan bahwa perempuan sederajat dengan kaum laki-laki," ujarnya. (A)

Reporter: Amsir

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga