Kuliah Sambil Kerja, Gadis Ini Berangkatkan Umrah Orang Tua

Wa Ode Fatima Azzahra, telisik indonesia
Selasa, 28 Februari 2023
0 dilihat
Kuliah Sambil Kerja, Gadis Ini Berangkatkan Umrah Orang Tua
Tuti Agustina, kuliah sambil bekerja sebagai tenaga marketing perusahaan pengembang karena tuntutan ekonomi keluarga. Foto: Ist.

" Sejauh ini pencapaian terbesarnya ialah mampu memberangkatkan umrah sang ibu "

KENDARI, TELISIK.ID – Gadis ini terpaksa harus kuliah sambil bekerja karena tuntutan ekonomi. Tuti Agustina bekerja sebagai tenaga marketing perusahaan pengembang di Kota Kendari pada akhir 2019.

Saat itu ia hanya pekerja freelance dan cukup sulit untuk dijalani. Sebelumnya, ia bekerja membersihkan rumah ibu kos tempat tinggalnya demi bisa tinggal gratis.

Disebabkan pandemi COVID-19, ia balik ke Lampung. Setelah 6 bulan di Lampung, ia kembali ke Kendari. Namun ketika itu tugasnya membersihkan rumah ibu kos telah diambil alih oleh temannya. Ia bingung akan bekerja apa lagi untuk membiayai hidupnya.

Ternyata teman sekelasnya yang sudah menjadi pegawai tetap di perusahaan pengembang, kembali memanggilnya untuk bekerja. Ia diminta untuk berpakaian rapi dan bertemu owner perusahaan tersebut. Setelah diterima, ia diajak berkeliling lokasi perumahan dan belajar untuk memberikan penawaran kepada pembeli.

Pertama kali ia belajar siaran langsung untuk memperkenalkan sekaligus menjual perumahan milik perusahaan. Kemudian sering memposting di KJB (Kendari Jual Beli). Ternyata hasil dari kerja kerasnya itu membuahkan hasil, ada beberapa yang membeli. Seminggu masuk kerja, ia dapat meningkatkan penjualan. Yang tadinya pembeli hanya sekadar bertanya, seminggu kemudian ada yang datang ke lokasi untuk melihat-lihat perumahan.

Baca Juga: Telkomsel Tingkatkan Layanan Jaringan 4G LTE di 119 Daerah di Indonesia

Di saat itulah ia melatih skillnya untuk merayu calon pembeli. Pembeli pertama berhasil dia dapatkan dengan pembayaran tunai. Ketika mendapatkan bonus, ia langsung membeli handphone android untuk memudahkannya pekerjaannya.

Dalam sehari, Tuti siaran langsung sampai tiga kali, pagi, siang dan sore. Sampai saat ini ia masih melakukannya. Ia memilih kuliah sambil bekerja karena tuntutan ekonomi, ayah dan ibunya hanya mampu membiayai kuliahnya saja.

“Memilih bekerja karena tuntutan ekonomi. Kebutuhan pribadiku seperti mau beli skincare, nonton atau nongkrong sama teman, ayah ibuku tidak bisa siapkan sepenuhnya, jadi saya bekerja,” ujar Tuti kepada Telisik.id.

Baca Juga: Tiru Kostum Karakter Favorit Modal hingga Jutaan Rupiah

Sejauh ini pencapaian terbesarnya ialah mampu memberangkatkan umrah sang ibu. Ia merasa sangat bersyukur untuk hal itu. Selanjutnya ia ingin menghadiahkan umrah untuk dirinya sendiri.

Hamdina sahabat Tuti yang mengetahui perjuangannya sangat mengapresiasi kerja keras sahabatnya. Pasalnya, saat ini Tuti sudah mampu membiayai kebutuhan dirinya sendiri bahkan kebutuhan ayah dan ibunya.

"Bangga sekali sih punya teman seperti dia," pujinya. (B)

Penulis: Wa Ode Fatima Azzahra

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga