Tiru Kostum Karakter Favorit Modal hingga Jutaan Rupiah

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Senin, 27 Februari 2023
0 dilihat
Tiru Kostum Karakter Favorit Modal hingga Jutaan Rupiah
Cosplayer yang menirukan karakter Bocchi dari Animasi Bocchi The Rock, berfoto dengan pengunjung lengkap dengan atribut bawaan karakternya berupa gitar. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Cosplay merupakan salah satu jenis seni pertunjukan asal Jepang dengan menirukan kostum yang digunakan oleh berbagai karakter "

KENDARI, TELISIK.ID - Event jejepangan menjadi salah satu event yang dinanti-nanti oleh para penggemar anime di Kota Kendari, karena dapat menjadi ajang mengekspresikan diri melalui cosplay meski harus mengeluarkan uang tidak sedikit.

Cosplay merupakan salah satu jenis seni pertunjukan asal Jepang dengan menirukan kostum yang digunakan oleh berbagai karakter yang berasal dari film, anime hingga game. Karakter-karakter tertentu ditiru gaya berpakaiannya agar terlihat semirip mungkin lalu dipamerkan pada berbagai event jejepangan.

Karena menirukan gaya berpakaian berbagai karakter, maka tak jarang para pelaku cosplay atau yang dikenal dengan cosplayer, harus mengeluarkan uang yang banyak agar terlihat semirip mungkin dengan karakter yang ditiru.

Ketika ditemui Telisik.id di salah satu event jejepangan di Kota Kendari, Davina, salah seorang cosplayer yang menirukan karakter Marin dari anime My Dress up Darling mengaku menghabiskan uang Rp 120 ribu untuk kostumnya.

Baca Juga: Cosplayer di Kendari Tirukan Film, Anime Hingga Game Gunakan Hijab

"Total harganya tidak begitu mahal, karena kebetulan baju SMA-nya punya sendiri, cuma sewa wig, kira-kira Rp 120 ribu," ungkapnya, Minggu (26/2/2023).

Selain Davina, cosplayer lain yang menirukan karakter Sucrose dari Game Genshin Impact, Lili, mengaku mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk karakter yang Ia tiru, yakni sekira Rp 1.200.000.

"Ini karakter dari Game Genshin Impact, karena full armor jadi agak mahal kira-kira Rpn1.200.000," tuturnya.

Meski harus mengeluarkan uang yang cukup banyak, baik Davina maupun Lili mengaku tidak masalah, karena menjadi seorang cosplayer merupakan kepuasan tersendiri karena bisa bebas mengekspresikan diri menjadi karakter kesukaan mereka.

Baca Juga: Kenshin Himura Kembali Hadir dalam Bentuk Anime Samurai X Versi Remake

Di sisi lain, selain menjadi sarana untuk bersenang-senang, para cosplayer juga terkadang mengikuti lomba cosplay untuk melatih kreativitas dalam menirukan karakter mereka, seperti yang dilakukan oleh Ame yang menirukan karakter Bocchi dari Anime Bocchi The Rock.

"Tadi sempat ikut Cosswalk (lomba cosplay), saya menirukan karakter Bocchi yang pemalu," ungkapnya sembari berlagak seperti karakter Bocchi di Anime Bocchi The Rock.

Event jejepangan yang mengundang para cosplayer lokal di Kota Kendari ini bertajuk Cosswalk and Low Budget Cosplay Competition yang diselenggarakan di Lippo Plaza Kendari. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga