Begini Cara Daftar KIP Kuliah 2023

Wa Ode Fatima Azzahra, telisik indonesia
Senin, 09 Januari 2023
0 dilihat
Begini Cara Daftar KIP Kuliah 2023
KIP kuliah dipersiapkan oleh Kemendikbud untuk calon mahasiswa Indonesia yang terkendala biaya. Foto: UIN Raden Intan

" Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah adalah salah satu program beasiswa yang disediakan oleh Kemendikbud untuk anak yang kurang mampu atau terhalang akan biaya "

KENDARI, TELISIK.ID - Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah adalah salah satu program beasiswa yang disediakan oleh Kemendikbud untuk anak yang kurang mampu atau terhalang akan biaya.

Nah dewasa ini teknologi semakin canggih, banyak orang tua siswa atau pun siswa itu sendiri yang tidak paham tata cara melakukan pendaftaran KIP kuliah.

Salah satunya adalah siswa di SMAN 2 Parigi Kabupaten Muna, Alisariati mengungkapkan, dirinya belum mengerti bagaimana cara mendaftar KIP kuliah.

"Belum ada informasi juga dari sekolah dan memang sa belum tau bagaimana cara mendaftarnya, karena saya dengar dari kakak tingkat, akunnya daftar masing-masing," ungkap Alisariati via WhatsApp, Senin (9/1/2023).

Baca Juga: 5 Tips Aman Bermain Game, Kesehatan Tetap Terjaga

Siswa lainnya Serly Safira Taslim menuturkan, saat ini dia belum paham cara daftar KIP kuliah, hal itu dikarenakan mereka belum mendapat link mengenai pendaftarannya.

"Saya belum tau informasinya, dari sekolah juga belum ada, saya belum dapat juga linknya, karena kalau kakak sepupuku dulu daftar Bidikmisi dari sekolah yang daftarkan, sekarang daftar masing-masing, makanya saya belum mengerti," ujar Serly Safira Taslim.

Nah, bagi kalian calon mahasiswa-mahasiswi baru yang ingin mendaftar KIP kuliah, ini adalah tahapan yang dikutip dari akun Instagram siaputbk.id:

1. Siswa melakukan pendaftaran secara mandiri dilaman KIP kuliah: kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang valid serta aktif.

3. Sistem KIP kuliah akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN  serta kelayakan siswa untuk mendapatkan KIP kuliah.

4. Apabila proses validasi berhasil,.sistem KIP-Kuliah akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang telah didaftarkan.

Baca Juga: 7 Cara Cepat Mengobati Mata Bintitan

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP-Kuliah  dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNBP/SNBT/SMPN/UMPN/Mandiri).

6. Kemudian, siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.

7. Bagi calon penerima KIP kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat melakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP kuliah.

Nah itulah langkah-langkah pendaftaran KIP kuliah. Semoga membantu telisikers. (A)

Penulis: Wa Ode Fatima Azzahra

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga