Kurangi Volume Sampah, DLH Konawe Bakal Salurkan Ribuan Tong Sampah

Aris Syam, telisik indonesia
Selasa, 09 Agustus 2022
0 dilihat
Kurangi Volume Sampah, DLH Konawe Bakal Salurkan Ribuan Tong Sampah
DLH Konawe segera menyalurkan ribuan tong sampah ke masyarakat guna menekan volume sampah. Foto: Aris Syam/Telisik

" Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe terus berupaya mengurangi volume sampah di Tempat Pembangunan Sampah (TPS) yang tersebar di beberapa wilayah Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe terus berupaya mengurangi volume sampah di Tempat Pembangunan Sampah (TPS) yang tersebar di beberapa wilayah Konawe.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan pembagian tong sampah ke rumahcrumah warga, serta penarikan retribusi pajak dari sampah warga.

Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Konawe, Herianto Wahab mengatakan, program tersebut telah disetujui oleh DPRD, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan serta menyiapkan sekitar 1000 hingga 2000 tong sampah untuk masyarakat.

"Insya Allah, rencananya tahun depan kita mulai jalankan, jadi nanti ada ketegorinya terdiri dari rumah tangga, warung, ruko, tempat lembaga atau pendidikan, itu nanti dikena retribusi pajak sampah," katanya, Selasa (9/8/2022).

Lebih lanjut, kata Herianto, nantinya penyaluran tong sampah berbahan plastik tersebut oleh pihak pemerintah setempat dalam hal ini lurah atau camat serta pendatangan MoU antara penerima tong sampah dengan lurah atau camat.

Sehingga demikian, bagi warga yang telah menerima tong sampah itu, berarti orang tersebut sudah masuk dalam objek retribusi pajak tong sampah.

Baca Juga: Pemda Konawe Stop Pemungutan Retribusi PKD di Pos PAD

"Kalau sejenis drum kita gunakan itu akan lebih mudah hancur, beda dengan berbahan plastik," imbuhnya.

Sementara untuk nominal tarif retribusi dari tong sampah setiap warga, pihaknya saat ini masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat, pasalnya dalam penarikan distribusi ada ketegorinya yaitu, kota kecil, sedang dan besar.

"Nanti tarifnya akan dipilih sesuai kategorinya atau sesuai kreteriannya apakah masuk kota sedang, kecil atau besar bahkan dari jumlah penduduknya," jelasnya.

Mantan Kadis Satpol PP Konawe itu juga menambahkan, untuk memaksimalkan program tersebut, nantinya akan ada tim penanggung jawab atau penagih retribusi pajak sampah kepada masyarakat dengan catatan sampah tersebut harus dijemput di rumah warga.

Baca Juga: Ketua TP-PKK Kendari Ikuti Ladies Program Rakernas XV APEKSI di Padang

Kemudian, hal ini dilakukan guna mengarungi volume sampah masyarakat di area TPS  dan juga memaksimalkan pendapatan Asli Daerah (PAD) Konawe.

"Nanti kita siapakah kendaraan tiga roda atau Viar menjemput sampah itu, kalau jalan poros cukup truk sampah," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga