Lahan Makam TPU Punggolaka Kendari Semakin Minim

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 07 Juli 2023
0 dilihat
Lahan Makam TPU Punggolaka Kendari Semakin Minim
Lahan makam TPU Punggolaka semakim minim, pemkot berencana akan mencari tambahan lahan, salah satunya berada di Kelurahan Baruga. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Kapasitas lahan pemakaman di tempat pemakaman umum (TPU) Punggolaka yang berada di Jalan Perkuburan, Kelurahan Punggolaka, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari semakin berkurang "

KENDARI, TELISIK.ID - Kapasitas lahan pemakaman di tempat pemakaman umum (TPU) Punggolaka yang berada di Jalan Perkuburan, Kelurahan Punggolaka, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari semakin berkurang.

Kepala Tata Usaha UPTD Pemakaman Punggolaka, Candra menyebut, kapasitas lahan pemakaman yang semakin berkurang karena jumlah kepadatan penduduk di Kota Kendari dan sekitarnya.

"Sekarang kita sedang mengajukan penambahan lahan. Melihat kondisi sekarang ini, warga yang meninggal cukup meningkat," tutur Chandra belum lama ini.

Baca Juga: Puluhan Siswa SMP di Kendari Keciprat Bantuan Seragam Sekolah

Baca Juga: Kondisi Kali Kadia Pasca Penggusuran, Curhat Pedagang Rugi Puluhan Juta

Selain itu, kepadatan penduduk di sekitar area pemakaman juga ikut berdampak, ia menyebut, jika saat ini sehari warga yang meninggal di area TPU rata-rata perhari 4 orang.

Terpisah, Kepala Bidang Kawasan Permukiman, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Kendari, Haris Murtalib menuturkan, jika lahan pemakaman yang berada di TPU Punggolaka seluas 30 hektare yang telah digunakan sudah 20 hektare.

"Kita sudah tambah seluas 4 hektar di area TPU Punggolaka, termasuk di wilayah Baruga ada sekitar 3 hektare," ucapnya.

Di pemakaman wilayah Baruga juga telah dikelola oleh UPTD Punggolaka dan akan ditata dengan baik, mengingat kondisi makam yang berada di wilayah Baruga belum dikelola maksimal dan akan dianggarkan pada tahun depan. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga