Lalat Menyerang, Warga Keluhkan Peternakan Ayam di Sekitar Pemukiman

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Rabu, 05 Agustus 2020
0 dilihat
Lalat Menyerang, Warga Keluhkan Peternakan Ayam di Sekitar Pemukiman
Nampak Lalat hinggap di sejumlah tempat makanan. Foto: Ist.

" Lalatnya banyak sekali, masuk sampai ke dalam rumah, bahkan sampai ke dapur. "

KONAWE, TELISIK.ID - Serangan Lalat yang diduga berasal dari peternakan ayam potong, di Kelurahan Onembute, Kecamatan Onembute, Kabupaten Konawe dinilai sangat mengganggu aktivitas warga yang ada di sana.

Kerumunan Lalat di rumah warga ini diketahui sudah ada sekira beberapa minggu belakangan dan sampai saat ini masih terjadi kerumunan Lalat yang bisa saja menyebabkan beberapa macam penyakit.

Salah seorang warga yang terdampak, Zainal menyebut, kerumunan Lalat itu sangat mengganggu aktivitas keseharian. Tak hanya itu, Zainal juga meyakini, dapat menjadi berbagai macam penyakit karena Lalat tersebut juga menghinggapi wadah makanan.

"Lalatnya banyak sekali, masuk sampai ke dalam rumah, bahkan sampai ke dapur," ungkapnya, Rabu (05/08/2020).

Baca juga: Tak Kunjung Diperbaiki, Frasa Ancam Boikot Kembali Jalan Provinsi

Ia menambahkan, kerumunan lalat ini terjadi akibat adanya peternakan Ayam potong yang jaraknya dekat dari pemukiman warga, sekira 20 hingga 30 meter saja.

"Jadi setiap ada ayam datang untuk disimpan di kandang itu, jumlah Lalat sangat banyak. Jumlah kandang di sini ada empat," cetus Zainal.

Ia juga telah mengadukan hal tersebut kepada pihak kelurahan dan kecamatan setempat, namun sampai saat ini belum ada penyelesaian terkait masalah tersebut.

Sehingga pihaknya bersama warga terdampak akan melaporkan ke dinas terkait.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga