Lantik Pj Bupati Konsel, Ali Mazi: Tugasnya Sangat Terbatas

Siswanto Azis, telisik indonesia
Senin, 08 Maret 2021
0 dilihat
Lantik Pj Bupati Konsel, Ali Mazi: Tugasnya Sangat Terbatas
Suasana pelantikan Andi Tendri Selondae sebagai Pj Bupati Konsel, oleh Gubernur Ali Mazi. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Untuk menghindari kekosongan pemerintahan, Andi Tendri Silondae saya tunjuk menjadi Plh Bupati Konsel. "

KENDARI, TELISIK.ID - Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, SH, melantik Andi Tendri Rawe Silondae Sebagai Penjabat (Pj) Bupati Konawe Selatan.

Pergantian tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Gubernur Sultra tentang penunjukan Andi Tendri Rawe Silondae sebagai Pj yang digelar di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Senin (8/3/2021).

Dalam sambutannya, Gubernur Ali Mazi menuturkan, Andi Tendri Silondae dilantik sebagai Pj Bupati Konawe Selatan karena Konsel merupakan daerah yang melaksanakan Pilkada 2020, dan saat ini bupati definitif belum dilantik, sehingga terjadi kekosongan jabatan bupati.

“Untuk menghindari kekosongan pemerintahan, Andi Tendri Silondae saya tunjuk menjadi Pj Bupati Konsel,” ujarnya dalam sambutannya.

Andi Tendri Silondae akan menjabat selama satu tahun, atau sampai bupati definitif Konsel hasil Pilkada telah dilantik.

Baca juga: Besok, Gubernur Sultra Lantik Bupati Mubar dan Pj Bupati Konsel

Terkait tugas dan tanggungjawab, kata Ali Mazi, Andi Tendri memiliki tugas yang sangat terbatas. Menurutnya, Pj tidak berhak melakukan tindakan strategis yang berdampak pada status kepegawaian seseorang. Sebab, itu hanya bisa dilakukan oleh bupati definitif.

"Jangan sampai Pj tiba di daerah malah  melantik OPD di daerah. Itu tidak boleh dilakukan," jelasnya.

Lebih lanjut Ali Mazi menegaskan, Pj yang telah ditunjuk wajib melaporkan segala pekerjaan mereka selama menjabat kepada Gubernur Sulawesi Tenggara.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Ali Mazi berpesan agar Pj yang ditunjuk dapat meningkatkan disiplin, daya guna dan kinerja ASN di daerahnya serta memelihara hubungan yang harmonis antara instansi pemerintahan demi kelancaran tugas.

Selain melantik Andi Tendri Silondae sebagai Pj Bupati Konawe Selatan, Gubernur Ali Mazi juga melantik Achmad Lamani sebagai bupati definitif Kabupaten Muna Barat, menggantikan Rajiun Tumada yang mundur karena menjadi Calon Bupati Muna tahun 2020 lalu. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga