Layanan Unggulan RS Bahteramas Sulawesi Tenggara, Tak Dimiliki RS Lain

Musdar, telisik indonesia
Jumat, 23 September 2022
0 dilihat
Layanan Unggulan RS Bahteramas Sulawesi Tenggara, Tak Dimiliki RS Lain
Direktur RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara menyebut beberapa layanan unggulan Bahteramas yang belum ada di RS lainnya. Foto: Musdar/Telisik

" Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki beberapa pelayanan unggulan yang saat ini tidak dimiliki rumah sakit lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki beberapa pelayanan unggulan yang saat ini tidak dimiliki rumah sakit lainnya.

Direktur RSUD Bahteramas, dr H Hasmudin menyebutkan, pelayanan unggulan yang ada di RS Bahteramas di antaranya pelayanan bedah digestif.

Dokter bedah digestif berperan dalam mendiagnosis dan menangani berbagai gangguan pada sistem pencernaan. Penanganan dilakukan dengan melakukan operasi untuk memperbaiki atau bahkan menghilangkan bagian yang bermasalah.

Saluran cerna meliputi kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, dan rektum. Organ lain yang termasuk dalam sistem pencernaan adalah hati, pankreas dan kantung empedu.

Dokter Hasmudin menjelaskan, layanan digestif di RS Bahteramas sudah menggunakan metode laparoskopi.

Baca Juga: Kepadatan Kendaraan Jelang Kedatangan Surya Paloh di Kendari, Ada Pengalihan Arus

Bedah Digestif dengan metode Laparoskopi merupakan teknik operasi menggunakan alat khusus yang memungkinkan dokter melakukan pembedahan tanpa membuka dinding perut. Teknik operasi ini hanya sebesar lubang kunci dan proses penyembuhannya lebih cepat daripada teknik operasi biasa.

Kemudian layanan Hemodialisis (HD) atau cuci darah. Dokter Hasmudin mengatakan, walaupun banyak rumah sakit yang menyediakan pelayanan HD namun tempat tidur yang disediakan terbatas yakni dua sampai tiga tempat tidur. Sedangkan RS Bahteramas memiliki 15 tempat tidur untuk layanan HD.

RSUD Bahteramas memiliki layanan unggulan yang belum dimiliki RS lain di Sulawesi Tenggara. Foto: Musdar/Telisik

 

Selanjutnya layanan urologi. Dokter Hasmudin mengaku tahun ini, RS Bahteramas mendapat bantuan pemerintah berupa alat pemecah batu ginjal Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

ESWL merupakan prosedur kesehatan untuk pemecahan batu ginjal dari luar tubuh menggunakan mesin yang menghasilkan gelombang kejut. Melalui prosedur ini, batu ginjal yang dihancurkan akan menjadi pecahan-pecahan lebih kecil dan akan dikeluarkan dari tubuh bersama air kencing.

Baca juga: Lowongan Kerja Kendari: PT Sumber Cipta Multiniaga Butuhkan Tenaga Kerja Canvaser

"Jadi kalau ada orang penyakit baru ginjal cukup di laser atau ditembak tidak perlu operasi. InsyaAllah akhir tahun kita sudah ada ESWL," ujarnya.

Kemudian layanan kemoterapi oleh dokter spesialis onkologi. Dokter Hasmudin menuturkan, semua pasien pengidap kanker di Sultra dirujuk di RS Bahteramas untuk mendapatkan kemoterapi.

Meski operasinya dapat dilaksanakan di rumah sakit lain namun layanan kemoterapi tidak boleh dilakukan di luar dokter spesialis khusus. Kemoterapi hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis onkologi.

"Pelayanan unggulan lainnya yakni bedah saraf dan bedah anak belum ada di RS lain di Sultra," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga