Lebaran, Pengungsi Erupsi Semeru Tempati Huntara Baru

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 14 Januari 2022
0 dilihat
Lebaran, Pengungsi Erupsi Semeru Tempati Huntara Baru
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa Foto: Humas Pemprov Jatim

" Khofifah Indar Parawansa memastikan hunian sementara (Huntara) bagi korban erupsi Gunung Semeru bisa ditempati saat Lebaran "

SURABAYA, TELISIK.ID - Gubernur Jawa (Jatim) Timur, Khofifah Indar Parawansa memastikan hunian sementara (Huntara) bagi korban erupsi Gunung Semeru bisa ditempati saat Lebaran.

Saat ini sudah ada contoh satu unit Huntara yang akan menjadi acuan untuk standar pembangunan selanjutnya.

"Insya Allah, satu setengah bulan ke depan Huntara ini selesai dan lebaran bisa segera ditempati," ungkap Khofifah di Surabaya, Jumat (14/1/2022).

Khofifah menerangkan, saat ini pembangunan Huntara bagi pengungsi  akibat Erupsi Gunung Semeru, Lumajang terus dikebut. Infratruktur air dan instalasi listrik, kata dia, tengah disiapkan bersamaan dengan pembangunan hunian tetap.

Lebih lanjut, mantan mensos ini mengatakan jika total lahan yang disediakan untuk hunian seluas 81 hektar, yang seluruhnya milik Perhutani. Dari jumlah luasan tersebut, rencananya akan didirikan 2.000 unit hunian sementara di tahap pertama.

Baca Juga: Akibat Gempa M 6,7 Banten, Sejumlah Rumah Warga di Pandeglang Rusak

"Huntara yang akan ditempati 1.951 KK dari Desa Sumber Mujur ini berukuran 10x14 dengan luas bangunan 6x4,8 meter. Terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, serta fasilitas penunjang lainnya," urainya.

Baca Juga: Dosen UNUSRA Digenjot Berpikir Kritis dengan Latihan Literasi

Di lokasi Huntara tersebut, tambah dia, juga akan didirikan beberapa fasilitas umum. Di antaranya masjid, kandang terpadu, TPQ, madrasah, sekolah,  balai pertemuan, fasilitas ekonomi serta ada lahan pemakaman, dan lain sebagainya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga