Lebih Ramah Lingkungan, Truk Konvektor DLHK Kendari Bakal Jadi yang Satu-satunya

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 09 Februari 2021
0 dilihat
Lebih Ramah Lingkungan, Truk Konvektor DLHK Kendari Bakal Jadi yang Satu-satunya
Wajud truk tipe konvektor. Foto: Repro Medcom

" Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, akan kedatangan truk tipe compactor atau konvektor pada 17 Agustus mendatang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, akan kedatangan truk tipe compactor atau konvektor pada 17 Agustus mendatang.

Truk sampah tipe konvektor itu akan menjadi truk tipe konvektor milik DLHK satu-satunya. Sebab truk yang dioperasikan untuk mengangkut sampah saat ini belum ada yang tipe konvektor.

Kabid Persampahan dan Pengelolaan Limbah B3 DLHK Kendari, Zulkarnaim mengatakan, 38 unit truk yang ada saat ini yakni 34 tipe dump truk dan 4 unit tipe arm roll.

Sedangkan 9 truk yang didatangkan 17 Agustus 2021 yakni, 1 konvektor, 5 arm roll dan dump truk.

"Jadi truk konvektor ini baru dan hanya ada satu unit dari 47 unit (setelah tambah 9) yang ada di DLHK," kata Zulkarnaim.

Baca juga: DLHK Kendari Maksimalkan 8 SDM Penebangan Pohon

Baca juga: Pasien COVID-19 Sembuh di Kendari Meningkat Dua Kali Lipat

Zulkarnaim menjelaskan, truk konvektor berbeda dengan yang ada di DLHK saat ini, karena truk tipe konvektor lebih ramah lingkungan dibanding arm roll dan dump truk.

Sebab, truk konvektor memiliki desain bak tertutup sehingga memungkinkan pengangkutan sampah yang bebas bau.

Kondisi truk tersebut lebih aman untuk mengangkut sampah karena meminimalkan kemungkinan sampah tercecer sepanjang perjalanan menuju tempat pembuangan akhir.

Senada dengan itu, Kepala DLHK Kota Kendari, Nismawati mengungkapkan harga truk konvektor juga lebih mahal daripada dump truk dan arm roll yang akan didatangkan bersamaan di HUT RI ke-76 mendatang.

Hanya saja, Nismawati tidak mengetahui secara rinci harga 1 unit truk konvektor tersebut.

"Saya tidak tahu persis tapi dari 3 tipe ini (arm roll, dump truk dan konvektor) yang paling mahal itu konvektor," ungkap Nismawati. (B-Adv)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga