DLHK Kendari Maksimalkan 8 SDM Penebangan Pohon

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 07 Februari 2021
0 dilihat
DLHK Kendari Maksimalkan 8 SDM Penebangan Pohon
Petugas DLHK sedang memangkas beberapa pohon di jalan protokol. Foto: Ist.

" Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari belum memiliki tenaga khusus untuk pemangkasan maupun penebangan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari belum memiliki tenaga khusus untuk pemangkasan maupun penebangan.

Kabid Kebersihan DLHK, Prayitno mengungkapkan, 8 orang petugas yang dikerahkan untuk pemangkasan maupun penebangan bukan orang-orang yang dikhususkan.

Prayitno bilang, 8 orang tersebut diambil dari beberapa bidang yang sudah mahir menebang atau memangkas ranting-ranting pohon.

"Memang kita belum ada tenaga khusus untuk penebangan pohon, jadi saya ambil orang yang tugas sebenarnya di penyapu jalan, drainase untuk membantu kita mem-back up itu (penebangan/pemangkasan)," kata Prayitno.

Prayitno menjelaskan bahwa DLHK tidak sembarang memilih orang untuk mengerjakan tugas penebangan, sehingga dipastikan 8 orang tersebut adalah orang-orang dengan sumber daya manusia (SDM) yang telah mumpuni.

Baca juga: Pasien COVID-19 Sembuh di Kendari Meningkat Dua Kali Lipat

Baca juga: Atasi Penyumbatan Drainase, DLHK Kendari Siapkan 46 Petugas

"Kami itu tidak sembarang pakai orang, tapi harus yang paham kan," ujarnya.

Dalam melaksanakan tugas, Bidang Kebersihan yang diberikan tanggung jawab untuk pengembangan maupun pemangkasan lebih dulu menunggu rekomendasi dari Kepala DLHK atau Kabid Tata Lingkungan.

8 petugas tersebut bekerja menggunakan mobil Skywalker, yang dipinjam dari Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Sekretariat Daerah (Setda) Pemkot Kendari. Hal ini dilakukan karena DLHK belum memiliki mobil Skywalker sendiri.

Menanggapi itu, Kepala DLHK Kota Kendari, Nismawati mengatakan, tahun 2022 mendatang DLHK sudah akan memiliki mobil Skywalker sendiri.

"Insya Allah tahun depan kita adakan mobil Skywalker," katanya. (B-Adv)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga